Gudangan Untuk Nasi Box Jogja Syukuran

nasi box jogja syukuran gudangan
Foto: dok.pri

Gudangan Untuk Nasi Box Jogja

Halo sahabat kuliner…

Masih berkaitan dengan isian nasi box Jogja yang berupa gudangan.  Apa sih gudangan itu? Sebagai orang Jawa khususnya Jogja, sudah tidak asing lagi dengan gudangan. Ya, gudangan terdiri dari bermacam-macam sayuran yang direbus. Pada dasarnya, sayurannya adalah tawar atau tidak berasa, karena tehnik memasaknya ya memang cuma direbus. Emang enak? Kan, mimin belum selesai ceritanya. Jadi, sayuran rebus itu belum sah dinamakan gudangan kalau belum dipadukan dengan bumbu gudangan.  Nanti mimin kasih resep bumbu gudangannya.

Gudangan Menjadi Isian Wajib Untuk Nasi Box Jogja Syukuran

Dalam hal ini, “wajib” dalam tanda petik ya… Jadi, di Jogja, sejak jaman dahulu, ketika syukuran atau kenduri,  selalu menyertakan gudangan. Maksudnya apa ya? Itulah mimin juga lupa menanyakan kepada nenek  ketika beliau masih hidup.. hehe.. Tetapi ada juga sih, yang syukuran dengan nasi kuning. Tetapi yang akan kita bahas sekarang yang nasi gudangan. Itu tradisi ya. Yang pasti dalam tradisi kenduri, makna yang tidak bisa lepas, adalah sedekah.  Kita sebagian yang muda, tinggal mau melanjutkan atau tidak, gitu aja..   Jika kita membuat kenduri akan  tetap memakai gudangan atau tidak. Itu adalah pilihan. Apapun bentuk sedekah, itu adalah baik.

Bumbu Kelapa Parut

Seperti mimin katakan diawal, bahwa sayuran rebus belum bisa dikatakan sebagai gudangan sebelum dicampur dengan bumbu. Nah, apa dan bagaimana bumbu gudangan itu? Jadi, bumbu yang dipadukan dengan sayuran adalah bumbu kelapa parut. Kelapa yang digunakan adalah kelapa yang masih muda. Jika kelapanya tua, teksturnya akan keras dan rasanya tidak akan gurih.  Bumbu gudangan ini, rasanya dominan manis. Agar lebih paham dengan gudangan, simak resep gudangan di bawah ini ya…

Nasi Box Jogja Syukuran
Contoh Nasi Gudangan dengan pendamping lauk lainnya.

Resep Gudangan Bumbu Kelapa Parut

Bahan:

1 ikat bayam (dipotong-potong)

1 ikat kangkung (dipotong-potong)

5 lembar sawi putih (dipotong-potong)

Kacang panjang (dipotong-potong)

kobis (dipotong-potong)

Wortel (dipotong)

tauge

Untuk ukuran sayurnya adalah sesuai selera ya.. karena sebelumnya bumbu terpisah, maka bisa dikira-kira sendiri untuk perpaduan sayur dan bumbu yang seimbang. Semua bahan sayur di rebus. Meskipun pada penyajiannya semua sayur dicampur, namun cara merebus sayur lebih baik tidak langsung dicampur menjadi satu. Merebusnya, satu per satu jenis sayur. Itu dilakukan karena setiap sayur perlakuannya berbeda, maksudnya misalnya kangkung yang hanya membutuhkan waktu sebentar dalam perebusan dibanding dengan kacang panjang.

Bumbu Kelapa Parut

Bahan:

1 butir kelapa muda parut

¼ kg gula jawa (disisir atau dihaluskan)

2 sdm gula pasir

Garam secukupnya (untuk pengimbang rasa)

Bumbu:

2 butir Bawang putih

5 cm kencur (secukupnya)

½ sdt Ketumbar

3 lbr Daun jeruk

Cara membuat bumbu gudangan

Semua bumbu dihaluskan. Tambahkan gula jawa, gula pasir, dan garam secukupnya.

Kemudian masukkan kelapa parut.

Campur  bumbu dan kelapa hingga rata.

Masukkan kedalam plastic atau bungkus dengan daun pisang.

Baru kemudian dikukus kurang lebih 15 menit.

Setelah bumbu matang, baru campur dengan sayuran rebus tadi. Jadi deh gudangan bumbu kelapa parut.

Pada sedekah among-among atau kenduri kecil untuk syukuran, biasanya nasi gudangan diberikan telur rebus .

Selain untuk isian nasi box Jogja, gudangan juga cocok dikonsumsi untuk menu harian. Sayuran yang kaya serat dan vitamin juga mineral ini, sangat baik untuk pencernaan. Apalagi, bagi yang vegetarian atau  melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Ayo, cintai makanan tradisional…

Salam Kuliner

 

 

 

 

 

 

 

Resep Ayam Goreng Bacem Nasi Box Jogja

nasi box jogja nasi kotak jogja
foto: dok.pri

Resep Ayam Goreng Bacem Nasi Box Jogja

Halooo… sahabat kuliner…

Nasi box Jogja. Nasi kotak Jogja. Ayam goreng bacem, pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ayam ini memiliki rasa yang cenderung manis. Hampir sama juga dengan ayam bakar manis sih. Hanya saja ayam goreng bacem, adalah digoreng. Tak banyak basa basi langsung cuss cara bikinnya ya..

Ini lho resep ayam goreng bacem, ala Asri Wiji Katering nasi box Jogja. Simak, dan dicoba masak di rumahmu sendiri ya…

Ayam Goreng bacem
Bahan:

1 kg Ayam

200 gram gulajawa

Minyak goreng secukupnya

1 liter air

Bumbu

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

4 butir kemiri

2 sendok makan ketumbar

1 sendok makan garam

1 jari kunyit

Jahe

Lengkuas

3 lembar daun jeruk

3 lembar daun salam

1 batang serai

Cara membuatnya:

Masukkan ayam kedalam panci perebusan.

Masukan bumbu yang telah ditumbuk yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan kunyit.

Masukkan pula gula jawa, garam, jahe, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan serai. Rebus hingga empuk dan matang kurang lebih 30 menit dari muali air mendidih.

Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Kemudian goreng dengan api sedang.

Karena ayam bacem ini manis, biasanya sedikit lengket di penggorengan, juga akan lebih mudah gosong.

Resep utama, ketika menggoreng ayam goreng bacem ini, jangan disambil mengerjakan sesuatu yang lain, atau malah ditinggal pergi. Yang jelas, jika lengah, ayam mudah gosong.

Nah, sudah siap mencoba ayam bacem manis ini?

Mudah, kan? Selalu memasaklah dengan hati dan cinta, ayam goreng bacemnya akan makin mantap rasanya. Mimin selain suka masak, ternyata romantis juga… hehe…

Jenis olahan macam ini cocok banget dimakan pake sambal bawang. Wuhh.. mantaap. Itu sih kalau mimin. Selera sambal bisa berbeda ya. Mengapa mimin suka sambal bawang. Karena sambal bawang berasa original, jadi cocok dipadu sama ayam goreng bacem yang berasa manis.

Udah dulu ya, lain waktu Asri Wiji Katering Nasi Box Jogja bagi resep masakan lagi.

Pantengin terus blog ini ya…

Salam Kuliner

 

 

 

Resep Ayam Goreng Gurih Nasi Box Jogja

Resep Ayam Goreng Nasi Box Jogja
Foto: dok.pri

Resep Ayam Goreng Gurih Nasi Box Jogja

Hai sahabat kuliner….

Nasi Box Jogja. Kali ini saya mau mengajak Anda untuk memasak aneka olahan ayam. Ayam yang mudah di dapat, dan banyak disukai oleh semua kalangan ini, memiliki banyak variasi untuk dibuat sebagai lauk. Mau dibikin yang kering atau basah, gurih, pedas, atau manis, digoreng, direbus atau dipanggang, banyak pilihan. Yang pasti dengan adanya variasi olahan ini, membuat kita tidak bosan untuk mengonsumsinya.

Lagi-lagi, itu tergantung selera. Kalau mimin, yang namanya ayam, mau diolah apa aja, mimim tetap suka. Cuma yang bikin makin tambah selera adalah paduan sayur atau samabal yang tersedia sebagi pendamping ayam tersebut.

Jika pendampingnya adalah sayur yang berkuah, mimin lebih suka dengan ayam gurih. Untuk sayur tumis pedas, mimin suka memadukannya dengan ayam goreng bacem yang berasa manis. Ini, masalah selera. Bisa saja berbeda sama kamu.

Terkadang kita penasaran ketika sedang makan di suatu tempat, sama-sama ayam, tapi kok yang ini enak, yang itu tidak enak. Nah, kali ini ada bocoran resep ayam gurih enak nih.

Jika sebelumnya kami telah berbagi resep ayam bakar pedas manis, sekarang resep ayam goreng yang gurih dan enak, rahasia dapur Asri Wiji katering nasi box Jogja.

Ayam Goreng Gurih
Bahan:

Ayam 1 kg

1 butir telur

Minyak goreng secukupnya

Bumbu:

Bawang merah 5 siung

Bawang putih 8 siung

Kemiri 3 butir

Ketumbar 2 sendok makan

Kunyit 1 jari

Jahe

Lengkuas

Daun jeruk 3 lembar

Daun salam 3 lembar

Batang serai 1

Garam 1 sendok makan

Air 1 liter

Cara membuatnya;

Siapkan ayam yang telah dicuci bersih dalam panci untuk perebusan.

Tumbuk halus bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar,dan kunyit.

Rebus ayam beserta bumbu yang telah dihaluskan tadi. Jangan lupa, garamnya ya… Masukkan  juga jahe,lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan serai. Rebus sampai lunak dan matang.

Kalau saya sih 30 menit dari mulai air mendidih. Jika ayam sudah matang, angkat dan tiriskan.

Kemudian goreng dengan api sedang hingga kecoklatan. Jika ingin lebih gurih, Anda juga bisa mencelupkan ayam ke dalam kocokan telur terlebih dahulu, baru kemudian di goreng.

Nah, jadi deh ayam gurihnya.
Kamu sudah siap mencoba belum? Jika tidak diniatkan memasak itu sepertinya melelahkan padahal kalau mau mencoba melakukan dengan ikhlas, memasak bisa menjadi aktivitas yang mengasyikkan lho. Gimana gak asyik? Kalau habis lelah terbitlah kenyang. hehe… Pokoknya, kalau mau pinter masak, jika sekali gagal, tetap harus ngulang lagi, ngulang lagi, sampai menemukan rasa yang diinginkan.
Namanya juga selera lidah berbeda-beda, ada yang suka asin, ada yang gak suka. Ada yang suka manis, ada juga yang gak suka.

O ya, ayam gurih ini juga sangat cocok, bila disajikan dengan kremesan ayam. Disantap dengan sambal tomat. Mak nyuuuss… mimin jadi pingin makan nih. Makanya banyak nasi kotak Jogja yang menawarkan isian lauk nasi box Jogja dengan kremesan.

Lain kesempatan, saya akan bagikan resep kremesan. Pantengin terus blog ini yaa.. promosi lagi… hehee… so, kamu jadi pinter masak, lumayan buat nyaingin masakan Ibu… hehe…

Jadi kapan kamu mau mencoba masak ayam goreng gurih?  O ya, resep yang paling penting adalah, memasaklah dengan cinta… yuhuu..

Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya…

 

Salam Kuliner

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Resep Ayam Bakar Nasi Box Jogja

Resep Ayam Bakar Nasi Box Jogja

Nasi Box Jogja, Nasi Box Jogja Ayam Bakar, Ayam Bakar Jogja, Nasi Kotak Jogja, Nasi Kotak Jogja Ayam Bakar, Nasi Box Murah Jogja

Salam Kuliner…Nasi Box Jogja…
Ayam adalah lauk yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain harganya yang masih terjangkau, ayam juga mudah didapatkan. Bahkan sekarang di daerah saya, dipinggir-pinggir jalan, sudah banyak yang menjual ayam potong. Biasanya di pagi hari. Jadi, jika hanya membutuhkan untuk memenuhi sarapan pagi bagi keluarga, tak harus ke pasar untuk mendapatkannya. Ayam kerap juga menjadi pilihan menu untuk lauk setiap harinya. Maka berbagai variasi dalam mengolah ayam bisa dilakukan agar keluarga tidak bosan menikmatinya.

Ayam bisa diolah menjadi ayam goreng gurih, itu yang sering dilakukan ibu-ibu, karena proses memasaknya cepat dan praktis. Namun, sesekali perlu juga diolah manis, seperti ayam goreng bacem. Lalu bagaimana jika tidak menyukai minyak didalam mengolah makanan? Maka olahan yang direbus atau berkuah bisa menjadi pilihan. Solusi lain adalah ayam bakar. Ini, hanya perlu di bakar dan tidak membutuhkan minyak yang banyak, karena hanya memerlukan sedikit minyak untuk menumis bumbunya, agar ayam tidak terlalu bau rempah-rempah.

Kali ini Asri Wiji Katering Nasi Box Jogja ingin berbagi resep tentang ayam bakar. Ini sangat mudah untuk Anda praktikkan, karena kami memberikan resep untuk ukuran bahan yang sedikit, bukan ukuran banyak seperti ketika kami membuat pesanan untuk nasi box.

Ayam Bakar Manis
Bahan:

* 1/2 kg Ayam

* 1 ons Gula Jawa

* 2 Sdm gula pasir

* kecap manis secukupnya

* 1/2 lt air

Bumbu:

*3 siung bawang putih

*5 siung bawang merah

*1 sdm ketumbar bubuk

*2 butir kemiri

*1 sdm garam atau secukupnya

*penyedap rasa (jika Anda suka)

*1 jari kunyit

*3 lembar daun salam

*2 lembar daun jeruk

*1 jari lengkuas

*1 jari jahe

*1 batang serai

 

Cara Membuatnya:
  1. Persiapan bumbu: Bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan kunyit ditumbuk halus.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan.
  3. Jika sudah setengah matang atau tercium bau harum, masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahu, dan batang serai. Masukkan garam dan penyedap rasa secukupnya (jika Anda suka). Aduk sebentar, lalu tuang air.
  4. Kemudian masukkan ayam yang telah dicuci bersih. Rebus dengan api sedang hingga setengah matang.
  5. Jika sudah setengah matang, masukkan gula jawa, gula pasir, dan kecap.
  6. Rebus hingga air hampir asat. Jangan lupa untuk mengaduk atau membolak-balik daging, agar bumbunya merata.
  7. Lalu angkat ayam dan tiriskan
  8. Setelah dingin, baru Anda bisa memulai untuk proses pembakarannya.
  9. Bakar dengan api atau bara yang tingkat panasnya sedang
  10. Jangan lupa, siapkan kecap juga. Pembakaran pertama tanpa dicelupkan ke dalam kecap. Jika sudah tampak tak basah bekas rebusan, masukkan ayam ke dalam kecap atau juga bisa mengolesi kecap dengan kuas. Ulangi sekali lagi.
  11. Ayam bakar siap disajikan

Mudah bukan untuk membuat ayam bakar manis ini? Anda bisa mencobanya dirumah. Selalu lakukan dengan cinta agar hasil masakan Anda lebih terasa lezat ya… Karena memasak itu juga mengolah perasaan. Iya, kan? hehe… Saya sangat suka ayam bakar dengan sambal bawang yang gurih pedas. Lalu, gimana membuat sambal bawangnya? Ini sangat sederhana ya… cuma cabe dan bawang di goreng, lalu ditumbuk diberi garam. Mudah banget, kan? Bahkan ada juga lho yang cabe dan bawangnya disambal mentah. Mimin sih gak kuat pedasnya.hehe… lagi-lagi sambal itu masalah selera.

Begitulah cara Asri Wiji Katering Nasi Box Jogja membuat olahan ayam bakar manis. Anda juga bisa mencoba resep Ayam Bakar Pedas di artikel lain.

Selamat berkreasi

 

 

 

 

 

Nasi Box Jogja, Nasi Box Wisata

Nasi Box Jogja, Nasi Box Wisata

Anda memiliki rencana berwisata dengan komunitas, teman sekantor, karang taruna, atau dengan siapa saja, dimana wisata Anda tersebut akan dilakukan bersama-sama? Yang jelas, Anda akan menyewa dengan beberapa mobil atau bahkan bus pariwisata. Tentunya Anda membutuhkan nasi box sebagai bekal diperjalanan. Asri Wiji Katering Nasi Box Jogja menerima pesanan nasi box wisata bagi Anda.

Seberapa Pentingkah Nasi Box Wisata Untuk Perjalanan Anda

Nasi Box diperlukan untuk memenuhi kebutuhan makan siang di dalam bis. Selain dapat menghemat biaya dibandingkan harus berhenti di restoran, tentu saja pertimbangannya adalah tentang waktu. Membawa bekal nasi box untuk makan siang selama dalam perjalanan tentu bisa menghemat waktu. Jika tidak sering berhenti, bukankah akan lebih cepat tiba di tujuan?

Lalu Pesan Dimana Ya?

Tentu saja di Asri Wiji Katering Nasi Box Jogja. Terpercaya dengan menu dan harga yang bisa menyesuaikan dengan permintaan pelanggan. Berapapun anggaran, bisa diatur lah. Kalau untuk yang standar bisa di cek di daftar harga ini.

Mengapa Anda Harus Percaya?

Asri Wiji Katering Nasi Box, bisa memberikan test food jika Anda hendak memesan dalam jumlah tertentu. Bahkan bisa mendapatkan potongan harga sesuai kesepakatan. Biasanya discount berlaku untuk jumlah atau harga yang telah ditentukan oleh Asri Wiji katering Nasi Box Jogja

Menunya Apa Saja?

Itu hanya sebagai contoh menunya. Atau bisa di lihat di gallery foto kami.  Namun, tentukan sesuai keinginan Anda.

Jadi, kapan Anda akan pergi berwisata? Bertamasya itu juga penting lho, untuk membuang kejenuhan rutinitas sehari-hari. Wisata bersama juga dapat memupuk kebersamaan dan keakraban. Yang pasti, berwisata membuat kita resfres.

Jika Anda sudah menentukan rencana wisata, pastikan untuk menghubungi kami di kontak person yaa… Asri Wiji Katering Nasi Box Jogja siap memberikan yang terbaik untuk pesanan nasi box Anda.

Ayo segera atur waktu liburanmu…

Salam

 

 

 

Nasi Box Jogja Nasi Kuning

Nasi box Jogja Resep Nasi Kuning
dok.pri

Nasi Box Jogja Nasi Kuning Ulang Tahun

Ahai… Hari ulang tahun hampir tiba. Anda ingin merayakan bersama teman-teman, saudara, atau keluarga? Jadi kan moment indahmu lebih berkesan dengan tumpeng atau nasi kuning dari Asri Wiji Katering nasi box Jogja. Tampaknya tradisional, tapi kesannya lebih mendalam. Apalagi kalau dimakan bersama-sama.  Kekeluargaannya lebih terasa. So, tidak harus kue tart untuk ulang tahun.

Nasi Box Jogja Nasi Kuning

Sekilas Tentang Nasi Kuning

Tradisi nasi kuning ini sudah ada sejak jaman dahulu. Namun ketenarannya masih terasa sampai sekarang. Makanan warisan memang kepopulernya tak lekang dimakan waktu. Nenek moyang kita, idenya memang luar biasa ya… Lalu, bagaimana dengan ulang tahunmu atau orang-orang terdekatmu seperti kekasih, keluarga, atau sahabat-sabahatmu? Semoga juga suka nasi kuning, kayak mimin, hehe…

Jaman dahulu nasi kuning biasa dibuat untuk merayakan syukuran atas sesuatu nikmat yang kita dapatkan. Intinya sebagai bentuk terimakasih kepada Tuhan, atas berbagai anugerah yang kita peroleh.

Biasanya orang tua yang merayakan ulang tahun anaknya, membagikan nasi kuning untuk teman-teman anak sebagai bentuk sedekah atau syukuran. Hal ini terbukti nasi kuning juga dapat dijadikan pengganti kue tart. Apalagi di negara kita, memang nasi lebih utama dibanding kue.

Bagaimana Rasa Nasi Kuning?

Beras yang diolah dengan air santan dan sedikit garam, membuat nasi kuning berasa gurih. Warna kuning berasal dari pewarna alami kunyit. Biasa anak-anak sangat menyukai nasi kuning ini. Mimin juga tuh, gak cuman anak-anak.

Apa Lauk Pelengkap Nasi Kuning

Asri Wiji Nasi Box Jogja biasanya membuat nasi kuning dengan pelengkap lauk yaitu Ayam goreng, kering tempe, bakmi, irisan telur dadar. Terkadang ada juga pelanggan yang meminta tambahan abon, atau sayur gudangan. Terlepas dari keinginan pelanggan, nasi kuning juga cocok jika dipadukan dengan sambel goreng ati atau kering kentang. Biasanya sebagai pelengkap ada buah dan kerupuknya juga.

Resep Nasi Kuning

Bahan:
1 kg beras
1 liter air santan kental
2 jari kunyit (kupas, goreng terlebih dahulu, kemudian haluskan)
5 lembar daun salam
1 sdm garam (secukupnya)

Cara membuatnya:
Siapkan air santan, masukkan kunyit yang sudah dihaluskan. Untuk menghindari adanya serpihan kunyit di dalam santan, maka santan yang sudah bercampur kunyit tadi, sebaiknya disaring lagi. Perhatikan juga warna kuningnya, jika merasa kurang kuning, bisa ditambahkan.
Kemudian masukkan daun salam dan garam secukupnya.

Masukkan beras yang sudah dicuci bersih dengan air santan diatas. Masak seperti memasak nasi biasa. Setelah setengah matang atau air asat, kemudian kukus hingga nasi benar-benar matang.

Mudah, kan? cara membuatnya, hanya seperti menanak nasi biasa. Pasti semua juga bisa ya… Namun, bagi remaja putri yang baru belajar memasak, semoga resep tersebut bisa membantu. Sudah terbersit untuk merayakan ulang tahun Anda, atau orang kesayangan dengan nasi kuning? Jika ada waktu, tak ada salahnya mencoba membuat nasi kuning sendiri di rumah, tentunya lebih hemat dari segi biaya. Namun jika memang tidak memungkinkan memasak sendiri, ada Asri Wiji Katering Nasi Box Jogja, menerima pesanan nasi box Jogja nasi kuning dengan harga hemat bersahabat.

Jika Anda ingin informasi lengkap, silahkan hubungi kontak kami. Jadikan moment ulang tahun Anda pernuh berkah dengan berbagi ya…

Salam

 

Contoh Daftar Variasi Menu Harian

 

variasi menu

Masak apa hari ini, Bunda? Apapun masakan Bunda, semoga semua anggota keluarga menyukainya ya… Asal kita bisa memberikan variasi menu harian yang tidak monoton, pasti masakan Bunda adalah paling enak sedunia, tentunya bagi anggota keluarga. hehe

Membuat daftar variasi menu bisa dilakukan untuk mempermudah menyajikan makanan setiap harinya. Jadi, tak ada lagi kebingungan , hari ini mau masak apa. Bunda tinggal membuka catatan  yang telah dibuat. Lebih mudah dan simpel, kan?

variasi menu

Manfaat Daftar Variasi Menu Harian

Ini lho manfaat jika kita membuat daftar variasi menu untuk keluarga:

  1. Mengurangi kebosanan

Alangkah senangnya jika anggota keluarga menyukai masakan kita. Dengan variasi menu yang disajikan, tentunya dapat mengurangi kebosanan makan masakan rumah. Jadi, bisa mengurangi keinginan untuk jajan atau membeli makanan di luar.

  1. Keuangan lebih teratur

Dengan membuat daftar variasi menu, maka kita akan mengetahui pengeluaran harian untuk keperluan makan. Jika kenyataan nominal belanjanya  kurang atau lebih, tentu selisihnya tidak akan banyak. Setelah kebutuhan makan tercukupi, kita akan lebih mudah dan nyaman untuk pengaturan kebutuhan lainnya.  Jadi pastikan, menu yang kita susun sudah sesuai dengan keuangan kita.

  1. Mengajarkan untuk mencintai masakan rumah

Dengan memberikan variasi menu  berarti kita membiasakan keluarga untuk mencintai masakan di rumah.  Karena bagaimanapun makanan yang diolah sendiri adalah sudah sesuai dengan standar pribadi, untuk kebersihannya, gizinya, ataupun rasanya. Yang lebih mengetahui tentang selera keluarga, Bunda sendiri, kan. Makanya, buat variasi menu yang baik, agar keluarga mencintai masakan Bunda. Dan anak kita akan selalu ingat masakan ibunya, saat mereka sudah tak lagi bersama.

  1. Mengurangi beban harian

Dengan daftar variasi menu, tentunya akan mengurangi beban pikiran. Bunda tidak akan bingung hari ini mau masak apa? Besok mau masak apa? Terkadang udah di depan warung sayur saja, masih bingung apa yang mau dibeli. Akhirnya membeli asal dan apa adanya, yang penting dapat belanjaan.

  1. Lebih efisien

Adanya daftar variasi menu harian, tentu juga lebih efektif dan efisien. Karena Bunda bisa belanja seminggu sekali. Jadi bisa menghemat waktu ataupun transportasi. Bukankah pekerjaan rumah yang lain sudah menunggu?

Nah, dibawah ini adalah contoh variasi menu sederhana untuk harian. Bunda bisa menambahkan sesuai keingian.

variasi menu

MINGGU Ke-1

SENIN SELASA RABU
Nasi Nasi Nasi
Ayam Goreng Lele Goreng Udang Goreng Krispi
Capcay Tumis Buncis Oseng Kacang Panjang
Buah Buah Buah
Krupuk Kerupuk Kerupuk

 

KAMIS JUMAT SABTU
Nasi Nasi Nasi
Semur Telur Balado Tuna Galantin Goreng
Sambel Goreng Kentang Gudangan Sambal Bola Daging
Buah Buah Buah semangka iris
Kerupuk Kerupuk Kerupuk

 

MINGGU ke-2

SENIN SELASA RABU
Nasi Nasi Nasi
Ayam Kecap Bandeng Presto Ati Ampela kecap
Semur soon Oseng Jipang Oseng Sawi Putih
Buah Buah Buah
Kerupuk Udang Kerupuk Putih Kerupuk

 

KAMIS JUMAT SABTU
Nasi Nasi Nasi
Sambal Goreng Telur Puyuh Sambel Goreng Ikan Asin Telur semur
Kwetiau goreng Pecel Brongkos
Buah Buah Buah
Kerupuk Kerupuk Kerupuk

 

MINGGU ke- 3

SENIN SELASA RABU
Nasi Nasi Nasi
Rica-rica Ayam Lele Bumbu Kuning Bergedel Daging
Sop sayur Terong balado Terik Tahu Tempe
Buah Buah Buah
Kerupuk Kerupuk Kerupuk

 

KAMIS JUMAT SABTU
Nasi Goreng Nasi Nasi
Telur Ceplok Udang asam manis Tuna Goreng
Tempe mendoan Ca sawi hijau Sayur Lodeh
Buah Buah Buah
Kerupuk Kerupuk Kerupuk

 

MINGGU ke-4

SENIN SELASA RABU
Nasi Nasi Nasi
Ayam Fillet Tongkol pedas Ayam Bakar
Kare Buncis Bakmi Ca Tauge
Buah Buah Buah
Kerupuk Kerupuk Kerupuk

 

KAMIS JUMAT SABTU
Nasi kuning Nasi Nasi
Telur Ceplok Fillet Gurameh Semur Galantin
Kering Tempe Oseng Daun Pepaya Sambel krecek+tempe
Buah Buah Buah
Sayur Kerupuk Kerupuk

Variasi Buah

Untuk buah, bisa ganti setiap hari, kan bisa dimasukkan kulkas, sehingga tetap aman untuk persediaan

Variasi Kerupuk

Variasi kerupuk misalnya kerupuk udang, kerupuk bawang, kerupuk teri, kerupuk putih, kerupuk gendar, kerupuk lempeng, keripik tempe, rempeyek kacang, dan masih banyak lagi.

Semoga artikel ini dapat membantu dalam menyediakan menu harian. Bunda juga bisa membuat variasi lauk seperti di galeri foto  ini, Namun jika harus menggunakan jasa katering, perhatikan tips memesan nasi box, agar tidak kecewa setelah mengambil keputusan.

Salam Kuliner

 

 

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Follow Us

Open chat
Info Lengkap Klik Disini
Halo, ada yang bisa Kami bantu?
Powered by