Resep Ayam Goreng Gurih Nasi Box Jogja

Resep Ayam Goreng Nasi Box Jogja
Foto: dok.pri

Resep Ayam Goreng Gurih Nasi Box Jogja

Hai sahabat kuliner….

Nasi Box Jogja. Kali ini saya mau mengajak Anda untuk memasak aneka olahan ayam. Ayam yang mudah di dapat, dan banyak disukai oleh semua kalangan ini, memiliki banyak variasi untuk dibuat sebagai lauk. Mau dibikin yang kering atau basah, gurih, pedas, atau manis, digoreng, direbus atau dipanggang, banyak pilihan. Yang pasti dengan adanya variasi olahan ini, membuat kita tidak bosan untuk mengonsumsinya.

Lagi-lagi, itu tergantung selera. Kalau mimin, yang namanya ayam, mau diolah apa aja, mimim tetap suka. Cuma yang bikin makin tambah selera adalah paduan sayur atau samabal yang tersedia sebagi pendamping ayam tersebut.

Jika pendampingnya adalah sayur yang berkuah, mimin lebih suka dengan ayam gurih. Untuk sayur tumis pedas, mimin suka memadukannya dengan ayam goreng bacem yang berasa manis. Ini, masalah selera. Bisa saja berbeda sama kamu.

Terkadang kita penasaran ketika sedang makan di suatu tempat, sama-sama ayam, tapi kok yang ini enak, yang itu tidak enak. Nah, kali ini ada bocoran resep ayam gurih enak nih.

Jika sebelumnya kami telah berbagi resep ayam bakar pedas manis, sekarang resep ayam goreng yang gurih dan enak, rahasia dapur Asri Wiji katering nasi box Jogja.

Ayam Goreng Gurih
Bahan:

Ayam 1 kg

1 butir telur

Minyak goreng secukupnya

Bumbu:

Bawang merah 5 siung

Bawang putih 8 siung

Kemiri 3 butir

Ketumbar 2 sendok makan

Kunyit 1 jari

Jahe

Lengkuas

Daun jeruk 3 lembar

Daun salam 3 lembar

Batang serai 1

Garam 1 sendok makan

Air 1 liter

Cara membuatnya;

Siapkan ayam yang telah dicuci bersih dalam panci untuk perebusan.

Tumbuk halus bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar,dan kunyit.

Rebus ayam beserta bumbu yang telah dihaluskan tadi. Jangan lupa, garamnya ya… Masukkan  juga jahe,lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan serai. Rebus sampai lunak dan matang.

Kalau saya sih 30 menit dari mulai air mendidih. Jika ayam sudah matang, angkat dan tiriskan.

Kemudian goreng dengan api sedang hingga kecoklatan. Jika ingin lebih gurih, Anda juga bisa mencelupkan ayam ke dalam kocokan telur terlebih dahulu, baru kemudian di goreng.

Nah, jadi deh ayam gurihnya.
Kamu sudah siap mencoba belum? Jika tidak diniatkan memasak itu sepertinya melelahkan padahal kalau mau mencoba melakukan dengan ikhlas, memasak bisa menjadi aktivitas yang mengasyikkan lho. Gimana gak asyik? Kalau habis lelah terbitlah kenyang. hehe… Pokoknya, kalau mau pinter masak, jika sekali gagal, tetap harus ngulang lagi, ngulang lagi, sampai menemukan rasa yang diinginkan.
Namanya juga selera lidah berbeda-beda, ada yang suka asin, ada yang gak suka. Ada yang suka manis, ada juga yang gak suka.

O ya, ayam gurih ini juga sangat cocok, bila disajikan dengan kremesan ayam. Disantap dengan sambal tomat. Mak nyuuuss… mimin jadi pingin makan nih. Makanya banyak nasi kotak Jogja yang menawarkan isian lauk nasi box Jogja dengan kremesan.

Lain kesempatan, saya akan bagikan resep kremesan. Pantengin terus blog ini yaa.. promosi lagi… hehee… so, kamu jadi pinter masak, lumayan buat nyaingin masakan Ibu… hehe…

Jadi kapan kamu mau mencoba masak ayam goreng gurih?  O ya, resep yang paling penting adalah, memasaklah dengan cinta… yuhuu..

Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya…

 

Salam Kuliner

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Follow Us

Open chat
Info Lengkap Klik Disini
Halo, ada yang bisa Kami bantu?
Powered by