Gudangan Untuk Nasi Box Jogja Syukuran

nasi box jogja syukuran gudangan
Foto: dok.pri

Gudangan Untuk Nasi Box Jogja

Halo sahabat kuliner…

Masih berkaitan dengan isian nasi box Jogja yang berupa gudangan.  Apa sih gudangan itu? Sebagai orang Jawa khususnya Jogja, sudah tidak asing lagi dengan gudangan. Ya, gudangan terdiri dari bermacam-macam sayuran yang direbus. Pada dasarnya, sayurannya adalah tawar atau tidak berasa, karena tehnik memasaknya ya memang cuma direbus. Emang enak? Kan, mimin belum selesai ceritanya. Jadi, sayuran rebus itu belum sah dinamakan gudangan kalau belum dipadukan dengan bumbu gudangan.  Nanti mimin kasih resep bumbu gudangannya.

Gudangan Menjadi Isian Wajib Untuk Nasi Box Jogja Syukuran

Dalam hal ini, “wajib” dalam tanda petik ya… Jadi, di Jogja, sejak jaman dahulu, ketika syukuran atau kenduri,  selalu menyertakan gudangan. Maksudnya apa ya? Itulah mimin juga lupa menanyakan kepada nenek  ketika beliau masih hidup.. hehe.. Tetapi ada juga sih, yang syukuran dengan nasi kuning. Tetapi yang akan kita bahas sekarang yang nasi gudangan. Itu tradisi ya. Yang pasti dalam tradisi kenduri, makna yang tidak bisa lepas, adalah sedekah.  Kita sebagian yang muda, tinggal mau melanjutkan atau tidak, gitu aja..   Jika kita membuat kenduri akan  tetap memakai gudangan atau tidak. Itu adalah pilihan. Apapun bentuk sedekah, itu adalah baik.

Bumbu Kelapa Parut

Seperti mimin katakan diawal, bahwa sayuran rebus belum bisa dikatakan sebagai gudangan sebelum dicampur dengan bumbu. Nah, apa dan bagaimana bumbu gudangan itu? Jadi, bumbu yang dipadukan dengan sayuran adalah bumbu kelapa parut. Kelapa yang digunakan adalah kelapa yang masih muda. Jika kelapanya tua, teksturnya akan keras dan rasanya tidak akan gurih.  Bumbu gudangan ini, rasanya dominan manis. Agar lebih paham dengan gudangan, simak resep gudangan di bawah ini ya…

Nasi Box Jogja Syukuran
Contoh Nasi Gudangan dengan pendamping lauk lainnya.

Resep Gudangan Bumbu Kelapa Parut

Bahan:

1 ikat bayam (dipotong-potong)

1 ikat kangkung (dipotong-potong)

5 lembar sawi putih (dipotong-potong)

Kacang panjang (dipotong-potong)

kobis (dipotong-potong)

Wortel (dipotong)

tauge

Untuk ukuran sayurnya adalah sesuai selera ya.. karena sebelumnya bumbu terpisah, maka bisa dikira-kira sendiri untuk perpaduan sayur dan bumbu yang seimbang. Semua bahan sayur di rebus. Meskipun pada penyajiannya semua sayur dicampur, namun cara merebus sayur lebih baik tidak langsung dicampur menjadi satu. Merebusnya, satu per satu jenis sayur. Itu dilakukan karena setiap sayur perlakuannya berbeda, maksudnya misalnya kangkung yang hanya membutuhkan waktu sebentar dalam perebusan dibanding dengan kacang panjang.

Bumbu Kelapa Parut

Bahan:

1 butir kelapa muda parut

¼ kg gula jawa (disisir atau dihaluskan)

2 sdm gula pasir

Garam secukupnya (untuk pengimbang rasa)

Bumbu:

2 butir Bawang putih

5 cm kencur (secukupnya)

½ sdt Ketumbar

3 lbr Daun jeruk

Cara membuat bumbu gudangan

Semua bumbu dihaluskan. Tambahkan gula jawa, gula pasir, dan garam secukupnya.

Kemudian masukkan kelapa parut.

Campur  bumbu dan kelapa hingga rata.

Masukkan kedalam plastic atau bungkus dengan daun pisang.

Baru kemudian dikukus kurang lebih 15 menit.

Setelah bumbu matang, baru campur dengan sayuran rebus tadi. Jadi deh gudangan bumbu kelapa parut.

Pada sedekah among-among atau kenduri kecil untuk syukuran, biasanya nasi gudangan diberikan telur rebus .

Selain untuk isian nasi box Jogja, gudangan juga cocok dikonsumsi untuk menu harian. Sayuran yang kaya serat dan vitamin juga mineral ini, sangat baik untuk pencernaan. Apalagi, bagi yang vegetarian atau  melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Ayo, cintai makanan tradisional…

Salam Kuliner

 

 

 

 

 

 

 

Resep Ayam Goreng Bacem Nasi Box Jogja

nasi box jogja nasi kotak jogja
foto: dok.pri

Resep Ayam Goreng Bacem Nasi Box Jogja

Halooo… sahabat kuliner…

Nasi box Jogja. Nasi kotak Jogja. Ayam goreng bacem, pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ayam ini memiliki rasa yang cenderung manis. Hampir sama juga dengan ayam bakar manis sih. Hanya saja ayam goreng bacem, adalah digoreng. Tak banyak basa basi langsung cuss cara bikinnya ya..

Ini lho resep ayam goreng bacem, ala Asri Wiji Katering nasi box Jogja. Simak, dan dicoba masak di rumahmu sendiri ya…

Ayam Goreng bacem
Bahan:

1 kg Ayam

200 gram gulajawa

Minyak goreng secukupnya

1 liter air

Bumbu

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

4 butir kemiri

2 sendok makan ketumbar

1 sendok makan garam

1 jari kunyit

Jahe

Lengkuas

3 lembar daun jeruk

3 lembar daun salam

1 batang serai

Cara membuatnya:

Masukkan ayam kedalam panci perebusan.

Masukan bumbu yang telah ditumbuk yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan kunyit.

Masukkan pula gula jawa, garam, jahe, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan serai. Rebus hingga empuk dan matang kurang lebih 30 menit dari muali air mendidih.

Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Kemudian goreng dengan api sedang.

Karena ayam bacem ini manis, biasanya sedikit lengket di penggorengan, juga akan lebih mudah gosong.

Resep utama, ketika menggoreng ayam goreng bacem ini, jangan disambil mengerjakan sesuatu yang lain, atau malah ditinggal pergi. Yang jelas, jika lengah, ayam mudah gosong.

Nah, sudah siap mencoba ayam bacem manis ini?

Mudah, kan? Selalu memasaklah dengan hati dan cinta, ayam goreng bacemnya akan makin mantap rasanya. Mimin selain suka masak, ternyata romantis juga… hehe…

Jenis olahan macam ini cocok banget dimakan pake sambal bawang. Wuhh.. mantaap. Itu sih kalau mimin. Selera sambal bisa berbeda ya. Mengapa mimin suka sambal bawang. Karena sambal bawang berasa original, jadi cocok dipadu sama ayam goreng bacem yang berasa manis.

Udah dulu ya, lain waktu Asri Wiji Katering Nasi Box Jogja bagi resep masakan lagi.

Pantengin terus blog ini ya…

Salam Kuliner

 

 

 

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Follow Us

Open chat
Info Lengkap Klik Disini
Halo, ada yang bisa Kami bantu?
Powered by