Brongkos ini Nikmatnya Bikin Ngiler

brongkos

Brongkos ini nikmatnya bikin ngiler.  Makan dengan ini, bisa menghabiskan banyak nasi. Dan tentunya mengenyangkan.  Yang membedakan dengan sayur lainnya adalah  kuahnya yang menggunakan kluwak atau kluwek, sehingga warnanya coklat tua, rasanya juga khas kluwak.  Kluwak ini berasal dari biji pucung. Selain digunakan untuk membuat kuah brongkos, kluwak juga digunakan sebagai pembuat kuah rawon. Rasa dan aromanya yang khas membuat rawon dan brongkos menjadi nikmat.

Sayur brongkos, bisa menjadi selingan untuk keluarga, selain sayur berkuah lainnya seperti sop, sayur lodeh, atau sayur asem. Kita sudah banyak diwarisi resep dari nenek moyang. Mengapa tidak dicoba? Iya, kan…

Oke deh, tak perlu panjang lebar, yuk kita bahas cara membuat brongkos ini.

Bahan dan bumbu:

250 gram daging sapi, potong-potong sesuai selera

200 gram kacang tolo, rendam selama 1 jam.

500 gram tahu, potong segitiga atau sesuai selera

1 papan tempe, potong segitiga atau sesuai selera

100 gram kulit melinjo

5 butir telur rebus

10 cabe rawit atau sesuai selera kepedasannya

1 liter santan

8 siung bawang merah

5 siung bawang putih

3 kluwak yang kualitas bagus padat, kenyal, hitam

3 butir kemiri

1 sdt peres ketumbar

3 lembar daun jeruk

3 lembar daun salam

1 batang serai, memarkan

Lengkuas  dan jahe sepanjang ibu jari, memarkan

1 sdm gula merah

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Haluskan kluwak, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan
  3. Tuang air 500 ml
  4. Masukkan pula didalamnya daun jeruk, daun salam, jahe, lengkuas, serai, garam, gula jawa, penyedap rasa.
  5. Setelah mendidih, masukkan daging sapi, dan kacang tolo. Tutup pancinya ya, agar daging cepat lunak.
  6. Jika sudah agak lunak, dan air sudah menyusut, tuang santannya.
  7. Masukkan kulit melinjo, telur rebus yang sudah di kupas, tempe, tahu, cabe rawit utuh.
  8. Tunggu hingga matang.
  9. Dan sayur brongkos siap dinikmati.

Begitulah cara membuat brongkos, sebagai variasi sayur berkuah Anda sekeluarga.  Untuk ukuran seperti di atas bisa untuk lima orang lho. Isinya juga sudah lengkap hewani dan nabati.

Jadi, Selamat mencoba ya…

 

Baca Juga: Harga Nasi Box Jogja

Sayur Asem Sandung Lamur

sayur asem

Sayur asem sandung lamur adalah sayur berkuah, berasa asem yang sangat segar, yang dapat disajikan sebagai  variasi sayur di rumah kamu. Selain sayur berkuah, seperti sop, atau sayur lodeh, kamu juga bisa mencoba lho. Cara tidak ribet. Bahkan sekarang di warung-warung sayur, atau di supermarket sudah tersedia bahan-bahan sayur asem yang tersedia dalam satu paket. Kamu tinggal memasukkan dan dengan bumbu-bumbu standar yang ada di dapur.

Sayur asem menjadi terasa lebih enak, dengan diberi campuran daging sapi sandung lamur. Aroma daging sapi yang dipadu dengan aneka sayur, sungguh menggugah selera. Sayur asem sandung lamur ini, juga sangat cocok dipadu dengan lauk tempe goreng gurih.

Paduan sayur dan daging, membuat sayur ini kaya akan gizi, nabati maupun hewani. Wahh, baru menulis saja saya jadi mendadak membayangkan rasanya. Hehe…. Namun sebelumsaya benar-benar bergegas menuju dapur, saya akan bagikan resep untuk membuat sayur asem sandung lamur ini.

Cara Membuat Sayur Asem Sandung Lamur

Bahan:

100 gram kacang panjang, potong pendek-pendek

1/2 labu siam atau jipang, potong dadu kecil

1 ons kacang tanah,

1 buah jagung, dipotong-potong

100 gram kulit melinjo

2 terong, potong memanjang

1 ikat kurang lebih 25 gram daun melinjo muda

4 jari asam jawa, larut dalam air, ambil sarinya seperti memeras jeruk

1 blimbing, potong-potong

250 gram  daging sapi bagian sandung lamur, potong kecil-kecil

2 liter air

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

1 sdm penuh gula merah, yang telah disisir

10 siung bawang merah

5 siung bawang putih

5 cabai hijau besar, diris serong

3 lembar daun salam

2 cm lengkuas, memarkan

Cara Membuatnya:

  1. Haluskan bawang merah dan bawang putih
  2. Rebus daging sandung lamur dalam air 2 liter
  3. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan
  4. Masukkan daun salam dan lengkuas.
  5. Tunggu hingga daging sapinya benar-benar empuk
  6. Setelah itu baru masukkan kulit melinjo dan jagung bersamaan. Keduanya lebih lama matangnya dibanding sayur lainnya.
  7. Beberapa saat, jika keduanya sudah agak matang, baru masukkan jagung,  kacang panjang, kacang tanah, dan labu siam, terong dan daun melinjo
  8. Jangan lupa masukkan air asam jawa  dan belimbing didalamnya
  9. Masukkan pula gula merah, garam, penyedap rasa
  10. Tunggu hingga semua sayur matang
  11. Sayur asem siap dihidangkan

Nah, sudah terbayang, untuk segera mempraktekkan di dapur cintamu. Oke deh selamat mencoba…

Baca Juga: Info Harga Nasi Box

 

 

Klepon dan Lopis Bikin Rindu

klepon

Klepon dan Lopis Jajanan Pasar Bikin Rindu

Klepon dan lopis adalah jajanan pasar tradisional,keduanya berbahan dasar ketan dan gula merah. Taburannya juga kelapa muda parut. Bahannya sih sama, tetapi sensasi rasanya beda. Kok bisa ya? Kita ulas keduanya yuk…

Klepon

Klepon bentuknya bulat-bulat kecil, dengan gula kelapa didalamnya. Ketika dimakan, kunyahan kedua  akan pecah di mulut, dan keluarlah rasa manis gula merah.

Kalau dipikir-pikir, orang tua jaman dulu itu kreatif banget ya. Bahan dasar untuk membuat klepon, sama dengan lopis. Bahan tersebut diolah dengan cara yang berbeda, hasilnya juga beda.

Yuk simak bahan dan cara pembuatan klepon.

Bahan-bahan yang diperlukan:

250 tepung beras ketan

50 gram tepung beras biasa

Air secukupnya

Kelapa muda parut, dikukus agar  tidak mudah basi

150 gram gula merah atau secukupnya, disisir lembut ya

2 sdm gula pasir

Cara membuatnya:

  1. Buat adonan dengan mencampur tepung beras ketan, tepung beras biasa, pewarna hijau atau lainnya sesukamu, dan garam dengan air secukupnya sedikit demi sedikit agar tidak terlalu lembek. Campur rata, pastikan adonan tersebut dalam kekentalan yang pas, sehingga bisa dibentuk bolat-bolat kecil.
  2. Bentuk adonan tersebut menjadi bola-bola kecil, dan masukkan sedikit gula merah yang telah disisir tadi. Pastikan gulanya tertutup rapat adonan, sehingga ketika direbus bola-bola klepon tidak pecah.
  3. Kemudian masukkan klepon dalam keadaan air sudah mendidih.
  4. Jika sudah mengapung, itu pertanda sudah matang
  5. Sementara itu, siapkan kelapa muda parut yang dicampur sedikit gula pasir dan sedikit garam hanya untuk pengimbang rasa.
  6. Setelah klepon matang, angka, dan tiriskan.
  7. Kemudian, gulung-gulungkan klepon dalam kelapa parut tadi.
  8. Klepon siap dinikmati.

Nah, begitulah cara membuat klepon. Mudah dan simple kan? Tentunya juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Jajanan pasar kesukaanku selain klepon juga lopis.

lopis

Lopis

Lopis adalah makanan yang berbahan ketan yang sebelum disajikan bentuknya seperti lontong. Lopis dinikmati dengan taburan parutan kelapa muda. Sebelum dinikmati lopis biasanya diguyur dengan sirup gula jawa atau juruh. Biasanya penjual lopis, juga menjual grontol, tiwul, cenil, dan gatot. Proses membuat semua jajanan tradisional yang saya sebutkan tadi, sangat lama, perlu waktu berjam-jam. Maka, kini sering didapati penjual yang hanya menjual beberapa jenis saja.

Sampai sini sebenarnya otakku sudah mulai terpenuhi dengan lopis. Jadi pengen menikmatinya.

Bahan untuk membuat lopis adalah:

500 gram beras ketan, cuci bersih, dan rendam selama satu jam

1 sdm air kapur sirih

1 sdt garam

Daun pisang klutuk (daun pisang ini tidak mudah pecah untuk membuat kelontong lopis, mudah didapat di pasar-pasar tradisional)

Kelapa muda parut, secukupnya, hanya untuk taburan di atas lupis

Bahan juruh atau sirup gula jawa/gula merah

250 gram gula jawa atau gula merah

1 lembar daun pandan atau bisa juga diganti vanili

200 ml air

1/4 sdt garam

 

Cara membuat Lopis

  1. Beras ketan dan juga air kapur sirih dicampur, jangan lupa beri garam, agar rasanya juga gurih.
  2. Sementara itu, buatlah kelontong dari daun pisang.
  3. Masukkan beras ke dalam kelontong. Disi 2/3 saja. Setelah kelontong tertutup rapat, ikat kelontong tersebut secara memutar agar kelontong tidak pecah selama direbus.
  4. Setelah itu, rebus kelontong hingga matang, sekitar 3 jam.
  5. Sambil menunggu lopis dalam kelontong, maenjadi matang, kita bisa mempersiapkan kelapa parutnya. Biasanya kelapa parutnya itu dalam keadaan mentah. Jadi dari kelapa miuda, diparut, itu sudah bisa digunakan untuk taburan lopis.
  6. Kemudian yang harus kita persiapkan adalah juruh gula merah.
  7. Rebus gula merah, daun pandan, atau vanili, serta garam. Hingga gulanya mendidih dan menggumpal, biarkan gulanya sampai mengental, sehingg gula terlihat mulur ketika diguyurkan pada lopis.
  8. Nah apakah sekarang, lopisnya sudah matang?
  9. Jika sudah angkat dan tiriskan lopis.
  10. Setelah dingin, kamu bisa buka daunnya, lalu dipotong-potong tipis atau sesuai selera.
  11. Taburkan kelapa parut diatasnya.
  12. Guyurkan gula merah diatas lopis dan kelapa parut
  13. lopis siap dinikmati.

Ada yang mau segera mencoba? Enak lho buat cemilan keluarga. Bisa untuk mengisi hari dan membuang bosan selama di rumah saja.

 

Selamat berkreasi…

Baca Juga: Cemplon, Jajanan Pasar Yang Juga Bikin Rindu

Baca Juga: Info Nasi Box Jogja

Udang Goreng Tepung Krispi

udang goreng tepung krispi

Udang goreng tepung krispi adalah udang goreng yang dibalut tepung  kering yang teksturnya lembut, krispi dan renyah. Udang bisa diolah menjadi banyak varian masakan. Udang juga sangat cocok untuk lauk keluarga, selain lezat juga kaya gizi. Menurut beberapa sumber informasi dari kesehatan, bahwa udang mengadung banyak nutrisi. Muali dari kalium, magnesium, fosfor, kalium dan zinc. Meskipun begitu tidak disarankan juga untuk konsumsi berlebihan, karena dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol dalam darah.

Resep Udang Goreng Tepung.

Bahan dan Bumbu:

500 gram udang bersih yang juga sudah dikupas kulitnya

250 gram tepung terigu

1 butir telur

3 siung bawang putih

2 butir kemiri

1 sdm ketumbar bubuk

Mrica bubuk secukupnya

Bubuk bumbu kaldu secukupnya

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya jika suka

Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Haluskan bawang putih, kemiri, dan ketumbar. Kemudian bumbu dibagi dua. Satu untuk bumbu celop dan satunya lagi untuk melumuri udang.
  2. Siapkan udang dan lumuri satu bumbu yang telah dihaluskan, dan juga berikan sedikit garam. Aduk hingga campur, biarkan meresap. Lalu sisihkan.
  3. Saatnya membuat bumbu celop.
  4. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan kedalam air 100 ml, tambahkan garam, penyedap rasa secukupnya, dan telur. Kocok sebentar agar telur tercampur. Lalu sisihkan
  5. Siapkan tepung terigu, lalu taburi bubuk kaldu ayam, kalau memakai masako yang sachet paling kecil, cukup setengahnya saja . Masukkan pula mrica bubuk, jiika memakai ladaku sachet terkecil cukup seperempatnya saja. Aduk hingga tercampur rata.
  6. Saatnya membuat balutan tepung untuk udang.
  7. Masukkan udang dalam bumbu celop.
  8. Lalu tiriskan, langsung masukkan di tepung yang telah disiapkan tadi.
  9. Untuk mendapatkan balutan tepung yang agak tebal. Ulangi sekali lagi dalam mencelop dan melapisi tepung.
  10. Jangan lupa cara melapisi tepung dengan sedikit dicubit-cubit dan dikibas-kibaskan agar tepung tidak mengumpal.
  11. Lalu goreng di minyak yang panasnya sedang.
  12. Goreng hingga udang tepung terlihat kekuningan.
  13. Angkat dan udang goreng tepung siap dinikmati.

Agar dapat menghasilkan udang goreng tepung yang krispi dan renyah, tipsnyas bisa klik disini ya…

Sudah siap untuk mencoba? Jadikan selalu  memasak menjadi menyenangkan. Usir rasa bosan di rumah dengan memasak.

Baca Juga: Info Harga Nasi Box Jogja

 

 

 

 

 

Resep Mie Goreng Jawa Rumahan

mie goreng jawa
foto: dok. pri www.nasiboxjogja.id

Mie Goreng Jawa. Entah mengapa saya tidak pernah bosan dengan makanan yang berhubungan dengan mie, Mie kuning, mie putih, mie ayam, mie bakso, mie Jawa, mie instans juga. Kalau disebutkan masih banyak banget jenis mie. Mie ini kadang juga menjadi, pendamping lauk dalam sajian nasi kuning. Nah, kali ini saya ingin berbagi resep mie goreng Jawa.

 

Resep Mie Goreng Jawa

Resep mie goreng jawa
foto: dok. pri

Bahan:

2 Mie kering

1 butir telur

Kecap secukupnya

1 sendok teh gula pasir

Daun bawang secukupnya

Kol/wortel sesuai selera

1 butir telur

Ayam suwir secukupnya

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya jika suka

Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

 

Bumbu

5 siung bawang putih

3 butir kemiri

1 sendok teh mrica/ lada bubuk

 

Cara membuat:

  1. Rendam mi kering dalam air panas, beri sedikit minyak goreng agar mie tidak menggumpal nantinya. Jika sudah terasa lunak. Tiriskan
  2. Haluskan bumbu bawang putih, kemiri, dan mrica.
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan
  4. JIka sudah berbau harum, masukkan telur, sambil di orak arik.
  5. Tuang 1 gelas kecil atau 250 ml air putih, biarkan mendidih
  6. Lalu masukkan kol/wortel, daun bawang, ayam suwir, gula pasir, garam secukupnya,  penyedap rasa, dan kecap manis
  7. Jika wortel atau kol sudah lunak, lalu masukkan mie kering yang tadi ditiriskan
  8. Aduk terus sampai tercampur bumbu, dan air mengering
  9. Nah mie goreng Jawa siap dinikmati
  10. Disajikan dengan irisan mentimun dan tomat dan taburan bawang goreng dan daun seledri.

 

Jadi mudah sekali ya, bikin mie goreng Jawa ini, bisa di coba deh. Mie ini bisa jadi alternatif ketika sedang bosan makan nasi. Karena mie juga menngandung karbohidrat. O ya, jika ingin membuat mie rebus Jawa, bumbu dan caranya hampir sama, hanya saja, mie rebus dengan menambahkan airnya sehingga memiliki kuah dalam penyajiannya.

Mau mencoba?

 

 

Baca juga: Info harga nasi box Jogja

 

Gudangan Untuk Nasi Box Jogja Syukuran

nasi box jogja syukuran gudangan
Foto: dok.pri

Gudangan Untuk Nasi Box Jogja

Halo sahabat kuliner…

Masih berkaitan dengan isian nasi box Jogja yang berupa gudangan.  Apa sih gudangan itu? Sebagai orang Jawa khususnya Jogja, sudah tidak asing lagi dengan gudangan. Ya, gudangan terdiri dari bermacam-macam sayuran yang direbus. Pada dasarnya, sayurannya adalah tawar atau tidak berasa, karena tehnik memasaknya ya memang cuma direbus. Emang enak? Kan, mimin belum selesai ceritanya. Jadi, sayuran rebus itu belum sah dinamakan gudangan kalau belum dipadukan dengan bumbu gudangan.  Nanti mimin kasih resep bumbu gudangannya.

Gudangan Menjadi Isian Wajib Untuk Nasi Box Jogja Syukuran

Dalam hal ini, “wajib” dalam tanda petik ya… Jadi, di Jogja, sejak jaman dahulu, ketika syukuran atau kenduri,  selalu menyertakan gudangan. Maksudnya apa ya? Itulah mimin juga lupa menanyakan kepada nenek  ketika beliau masih hidup.. hehe.. Tetapi ada juga sih, yang syukuran dengan nasi kuning. Tetapi yang akan kita bahas sekarang yang nasi gudangan. Itu tradisi ya. Yang pasti dalam tradisi kenduri, makna yang tidak bisa lepas, adalah sedekah.  Kita sebagian yang muda, tinggal mau melanjutkan atau tidak, gitu aja..   Jika kita membuat kenduri akan  tetap memakai gudangan atau tidak. Itu adalah pilihan. Apapun bentuk sedekah, itu adalah baik.

Bumbu Kelapa Parut

Seperti mimin katakan diawal, bahwa sayuran rebus belum bisa dikatakan sebagai gudangan sebelum dicampur dengan bumbu. Nah, apa dan bagaimana bumbu gudangan itu? Jadi, bumbu yang dipadukan dengan sayuran adalah bumbu kelapa parut. Kelapa yang digunakan adalah kelapa yang masih muda. Jika kelapanya tua, teksturnya akan keras dan rasanya tidak akan gurih.  Bumbu gudangan ini, rasanya dominan manis. Agar lebih paham dengan gudangan, simak resep gudangan di bawah ini ya…

Nasi Box Jogja Syukuran
Contoh Nasi Gudangan dengan pendamping lauk lainnya.

Resep Gudangan Bumbu Kelapa Parut

Bahan:

1 ikat bayam (dipotong-potong)

1 ikat kangkung (dipotong-potong)

5 lembar sawi putih (dipotong-potong)

Kacang panjang (dipotong-potong)

kobis (dipotong-potong)

Wortel (dipotong)

tauge

Untuk ukuran sayurnya adalah sesuai selera ya.. karena sebelumnya bumbu terpisah, maka bisa dikira-kira sendiri untuk perpaduan sayur dan bumbu yang seimbang. Semua bahan sayur di rebus. Meskipun pada penyajiannya semua sayur dicampur, namun cara merebus sayur lebih baik tidak langsung dicampur menjadi satu. Merebusnya, satu per satu jenis sayur. Itu dilakukan karena setiap sayur perlakuannya berbeda, maksudnya misalnya kangkung yang hanya membutuhkan waktu sebentar dalam perebusan dibanding dengan kacang panjang.

Bumbu Kelapa Parut

Bahan:

1 butir kelapa muda parut

¼ kg gula jawa (disisir atau dihaluskan)

2 sdm gula pasir

Garam secukupnya (untuk pengimbang rasa)

Bumbu:

2 butir Bawang putih

5 cm kencur (secukupnya)

½ sdt Ketumbar

3 lbr Daun jeruk

Cara membuat bumbu gudangan

Semua bumbu dihaluskan. Tambahkan gula jawa, gula pasir, dan garam secukupnya.

Kemudian masukkan kelapa parut.

Campur  bumbu dan kelapa hingga rata.

Masukkan kedalam plastic atau bungkus dengan daun pisang.

Baru kemudian dikukus kurang lebih 15 menit.

Setelah bumbu matang, baru campur dengan sayuran rebus tadi. Jadi deh gudangan bumbu kelapa parut.

Pada sedekah among-among atau kenduri kecil untuk syukuran, biasanya nasi gudangan diberikan telur rebus .

Selain untuk isian nasi box Jogja, gudangan juga cocok dikonsumsi untuk menu harian. Sayuran yang kaya serat dan vitamin juga mineral ini, sangat baik untuk pencernaan. Apalagi, bagi yang vegetarian atau  melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Ayo, cintai makanan tradisional…

Salam Kuliner

 

 

 

 

 

 

 

Resep Bergedel Kentang Nasi Box Jogja

nasi box jogja
foto: vemale.com

Resep Bergedel Kentang

Hai, sahabat kuliner…

Nasi Box Jogja. Kentang mengandung karbohidrat komplek yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Seperti kita ketahui, fungsi karbohidrat adalah sebagi sumber energy utama.

Kentang bisa diolah menjadi bermacam-macam, diantaranya adalah sambal goreng kentang, sambel kering kentang, bergedel, dan masih banyak lagi. Untuk kali ini, saya akan membahas tentang bergedel kentang.

Resep bergedel kentang:

Bahan:

1/2 kg Kentang

2 butir telur

Minyak goreng secukupnya

1 sendok Bawang goreng

1 batang Daun bawang

1 sdm mentega

Bumbu:

5 siung Bawang putih

2 butir Kemiri

1/2 sdt Lada/mrica bubuk

Sedikit pala

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

Cara membuatnya:

Kentang yang sudah dikupas dan dicuci bersih, dipotong-potong, lalu digoreng. Jangan                      menggoreng terlalu kering, karena akan mempersulit dalam menghaluskannya.

Tumbuk halus, kentang yang sudah digoreng tadi. Menumbuk dalam keadaan kentang masih panas, akan mempermudah kentang menjadi halus. Tumbuk bawang putih, kemiri, mrica/lada bubuk, dan pala hingga halus.

Kemudian campur bumbu yang telah dihaluskan dengan kentang, beri garam dan penyedap rasa (jika suka) berikan pula mentega, bawang goreng yang telah disiapkan, dan telor kocok 1 butir.

Uleni, hingga bumbu merata dan kalis.Jika adonan sudah siap, lalu bentuk menjadi bulat-bulat kecil atau pipih, sesuai selera.

Siapkan penggorengan.

Celupkan bergedel yang telah dibentuk bulat/pipih tadi ke dalam telur yang telah dikocok. Goreng bergedel dengan api sedang.

Jangan terlalu sering membolak-balik bergedel. Apalagi jika belum terlihat agak matang dan kecoklatan. Cukup balik sekali saja, ketika bergedel sudah setengah matang.Jika sudah terlihat kecoklatan rata, dan matang. Bergedel siap diangkat dan dihidangkan.

Itulah resep bergedel kentang, yang mudah dan cepat untuk dipraktikkan. Saya sendiri sangat menyukai bergedel ini, baik sebagai cemilan atau makanan ringan maupun sebagai pendamping  lauk.Terkadang, ada juga permintaan isian nasi box Jogja yang menginginkan bergedel sebagai pendamping lauk utama.

Baca, lalu mempraktikkan, resep Anda agar pintar memasak. Selalu mimin ingatkan yaa.. Memasaklah dari hati dan dengan penuh  cinta., mimin romantis. Hehe… Buktikan ya, pasti masakan  menjadi lebih lezat.

Ok, selamat mencoba! Sampai jumpa diartikel saya selanjutnya.

Salam kuliner…

 

Resep Ayam Ingkung Nasi Box Jogja

nasi box Jogja
Foto: Tribunnews.com

Resep Ayam Ingkung Nasi Box Jogja

Hai, sahabat kuliner…

Nasi box Jogja. Apabila kamu adalah orang yang Jawa, pasti sudah pada tahu, seperti apa dan bagaimana ayam ingkung itu. Biasanya ayam ingkung selalu disertakan dalam tradisi kenduri. Ayam ingkung adalah olahan ayam utuh yang berasa gurih, dan enak. Jika kamu sedang rindu dengan ayam ingkung ini, kamu bisa memasak sendiri lho.

Tidak lucu , kan? Kalau mau makan ingkung, menunggu tetangga hajatan dan kenduri. Hehe.. memang, sudah ada sih resto yang menyediakan menu ayam ingkung, tapi belum tentu dekat dengan lokasimu.Nah, Asri Wiji Katering nasi box Jogja mau berbagi resep ayam ingkung nih.

Resep Ayam Ingkung Nasi Box Jogja

Bahan:

1 ekor ayam utuh ukuran sedang (1,1/2 kg)

1 lt santan kental

Bumbu:

10 siung bawang merah

5 siung bawang putih

5 butir kemiri

2 sdm ketumbar

100 gram gula jawa

Garam secukupnya

1 jari kunyit

3 lb daun jeruk

5 lb daun salam

Lengkuas secukupnya

Jahe secukupnya

Penyedap rasa secukupnya jika suka

1 batang serai

Cara membuatnya:

Bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar dan kunyit ditumbuk halus. Masukkan dalam panci perebusan bersama ayam.

Masukkan pula garam, gula jawa, daun jeruk, daun salam, jahe, lengkuas. Rebus dan tutup pancinya, agar cepat lunak.

O,ya awalnya dalam merebus menggunakan air biasa ya. Ini dimaksudkan agar lebih menghemat santan. Setelah setengah matang, baru tuangkan santan kental.

Jika santan sudah masuk, panci jangan ditutup lagi, jadi ketika mendidih, kita bisa mengaduk.

Diusahakan santan jangan sampai pecah karena akan mengurangi rasa gurihnya. Nah, tunggu hingga empuk dan matang.

Ingkung ayam siap dinikmati.

Ayam ingkung ini rasanya gurih, santan kentalnya, ketika matang menjadi areh sehingga menambah gurih dan lezat. Dalam tradisi kenduri Jawa, ayam ingkung yang telah disuwir diberikan bersama nasi gurih.

Nah, jadi kapan akan mencoba memasak ayam ingkung didapurmu? Aktivitas memasak bisa jadi sangat menyenangkan, apalagi bisa dilakukan bersama anggota keluarga, seperti suami atau anak.

Selalu lakukan dengan cinta yaa…

Salam kuliner

 

 

Resep Ayam Goreng Bacem Nasi Box Jogja

nasi box jogja nasi kotak jogja
foto: dok.pri

Resep Ayam Goreng Bacem Nasi Box Jogja

Halooo… sahabat kuliner…

Nasi box Jogja. Nasi kotak Jogja. Ayam goreng bacem, pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ayam ini memiliki rasa yang cenderung manis. Hampir sama juga dengan ayam bakar manis sih. Hanya saja ayam goreng bacem, adalah digoreng. Tak banyak basa basi langsung cuss cara bikinnya ya..

Ini lho resep ayam goreng bacem, ala Asri Wiji Katering nasi box Jogja. Simak, dan dicoba masak di rumahmu sendiri ya…

Ayam Goreng bacem
Bahan:

1 kg Ayam

200 gram gulajawa

Minyak goreng secukupnya

1 liter air

Bumbu

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

4 butir kemiri

2 sendok makan ketumbar

1 sendok makan garam

1 jari kunyit

Jahe

Lengkuas

3 lembar daun jeruk

3 lembar daun salam

1 batang serai

Cara membuatnya:

Masukkan ayam kedalam panci perebusan.

Masukan bumbu yang telah ditumbuk yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan kunyit.

Masukkan pula gula jawa, garam, jahe, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan serai. Rebus hingga empuk dan matang kurang lebih 30 menit dari muali air mendidih.

Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Kemudian goreng dengan api sedang.

Karena ayam bacem ini manis, biasanya sedikit lengket di penggorengan, juga akan lebih mudah gosong.

Resep utama, ketika menggoreng ayam goreng bacem ini, jangan disambil mengerjakan sesuatu yang lain, atau malah ditinggal pergi. Yang jelas, jika lengah, ayam mudah gosong.

Nah, sudah siap mencoba ayam bacem manis ini?

Mudah, kan? Selalu memasaklah dengan hati dan cinta, ayam goreng bacemnya akan makin mantap rasanya. Mimin selain suka masak, ternyata romantis juga… hehe…

Jenis olahan macam ini cocok banget dimakan pake sambal bawang. Wuhh.. mantaap. Itu sih kalau mimin. Selera sambal bisa berbeda ya. Mengapa mimin suka sambal bawang. Karena sambal bawang berasa original, jadi cocok dipadu sama ayam goreng bacem yang berasa manis.

Udah dulu ya, lain waktu Asri Wiji Katering Nasi Box Jogja bagi resep masakan lagi.

Pantengin terus blog ini ya…

Salam Kuliner

 

 

 

Resep Ayam Goreng Gurih Nasi Box Jogja

Resep Ayam Goreng Nasi Box Jogja
Foto: dok.pri

Resep Ayam Goreng Gurih Nasi Box Jogja

Hai sahabat kuliner….

Nasi Box Jogja. Kali ini saya mau mengajak Anda untuk memasak aneka olahan ayam. Ayam yang mudah di dapat, dan banyak disukai oleh semua kalangan ini, memiliki banyak variasi untuk dibuat sebagai lauk. Mau dibikin yang kering atau basah, gurih, pedas, atau manis, digoreng, direbus atau dipanggang, banyak pilihan. Yang pasti dengan adanya variasi olahan ini, membuat kita tidak bosan untuk mengonsumsinya.

Lagi-lagi, itu tergantung selera. Kalau mimin, yang namanya ayam, mau diolah apa aja, mimim tetap suka. Cuma yang bikin makin tambah selera adalah paduan sayur atau samabal yang tersedia sebagi pendamping ayam tersebut.

Jika pendampingnya adalah sayur yang berkuah, mimin lebih suka dengan ayam gurih. Untuk sayur tumis pedas, mimin suka memadukannya dengan ayam goreng bacem yang berasa manis. Ini, masalah selera. Bisa saja berbeda sama kamu.

Terkadang kita penasaran ketika sedang makan di suatu tempat, sama-sama ayam, tapi kok yang ini enak, yang itu tidak enak. Nah, kali ini ada bocoran resep ayam gurih enak nih.

Jika sebelumnya kami telah berbagi resep ayam bakar pedas manis, sekarang resep ayam goreng yang gurih dan enak, rahasia dapur Asri Wiji katering nasi box Jogja.

Ayam Goreng Gurih
Bahan:

Ayam 1 kg

1 butir telur

Minyak goreng secukupnya

Bumbu:

Bawang merah 5 siung

Bawang putih 8 siung

Kemiri 3 butir

Ketumbar 2 sendok makan

Kunyit 1 jari

Jahe

Lengkuas

Daun jeruk 3 lembar

Daun salam 3 lembar

Batang serai 1

Garam 1 sendok makan

Air 1 liter

Cara membuatnya;

Siapkan ayam yang telah dicuci bersih dalam panci untuk perebusan.

Tumbuk halus bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar,dan kunyit.

Rebus ayam beserta bumbu yang telah dihaluskan tadi. Jangan lupa, garamnya ya… Masukkan  juga jahe,lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan serai. Rebus sampai lunak dan matang.

Kalau saya sih 30 menit dari mulai air mendidih. Jika ayam sudah matang, angkat dan tiriskan.

Kemudian goreng dengan api sedang hingga kecoklatan. Jika ingin lebih gurih, Anda juga bisa mencelupkan ayam ke dalam kocokan telur terlebih dahulu, baru kemudian di goreng.

Nah, jadi deh ayam gurihnya.
Kamu sudah siap mencoba belum? Jika tidak diniatkan memasak itu sepertinya melelahkan padahal kalau mau mencoba melakukan dengan ikhlas, memasak bisa menjadi aktivitas yang mengasyikkan lho. Gimana gak asyik? Kalau habis lelah terbitlah kenyang. hehe… Pokoknya, kalau mau pinter masak, jika sekali gagal, tetap harus ngulang lagi, ngulang lagi, sampai menemukan rasa yang diinginkan.
Namanya juga selera lidah berbeda-beda, ada yang suka asin, ada yang gak suka. Ada yang suka manis, ada juga yang gak suka.

O ya, ayam gurih ini juga sangat cocok, bila disajikan dengan kremesan ayam. Disantap dengan sambal tomat. Mak nyuuuss… mimin jadi pingin makan nih. Makanya banyak nasi kotak Jogja yang menawarkan isian lauk nasi box Jogja dengan kremesan.

Lain kesempatan, saya akan bagikan resep kremesan. Pantengin terus blog ini yaa.. promosi lagi… hehee… so, kamu jadi pinter masak, lumayan buat nyaingin masakan Ibu… hehe…

Jadi kapan kamu mau mencoba masak ayam goreng gurih?  O ya, resep yang paling penting adalah, memasaklah dengan cinta… yuhuu..

Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya…

 

Salam Kuliner

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Follow Us

Open chat
Info Lengkap Klik Disini
Halo, ada yang bisa Kami bantu?
Powered by