Lotek, Sayuran Enak Penuh Gizi

lotek

Lotek, sayuran enak penuh gizi. . Makanan yang berbahan sayuran ini, bisa menjadi alternatif sajian keluarga. Sayuran sangat penting untuk mencukupi kebutuhan gizi kita. Apalagi di musim pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Kita harus menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh dengan makanan bergizi seimbang. Bergizi tak selalu harus mahal. Seperti halnya dengan sayuran ini.

Seperti kita ketahui, sayuran mengandung serat yang membantu pencernaan di dalam tubuh kita. Kandungan lain yang terdapat pada sayuran adalah banyaknya vitamin di dalamnya. Setiap sayurannya memiliki kandungan yang berbeda tentunya. Banyak mengonsumsi sayuran juga diyakini akan bagus untuk kulit, sehingga kulit lebih tampak segar dan tidak kusam.

Sayuran kita butuhkan setiap harinya. Agar keluarga tidak bosan, para ibu mengolah sayur dengan berbagai macam variasi. Mulai dari yang praktis, yaitu cukup di tumis atau di oseng hingga dibikin sayur berkuah, seperti sayur lodeh, sop, asem-asem, brongkos, dan masih banyak lagi. Nah untuk kali ini, saya ingin mengajak Anda untuk berkreasi dengan membuat lotek. Selain lebih hemat, membuat sendiri tentu lebih higienis ya.

Cara Membuat Lotek

Bahan:

Aneka sayuran, kacang panjang, sawi, kobis, bayam, tauge.

Ketupat

Bakwan atau tempe goreng, hanya sebagai alternatif tambahan saja.

Kerupuk kecil-kecil

Bumbu kacang:

200 gram kacang tanah

100 gram gula merah/ gula jawa

1 lembar daun jeruk

1 siung bawang putih

Cabe rawit sesuai selera

1 cm kencur

Air asam jawa secukupnya

Sedikit garam untuk pengimbang rasa

Cara membuatnya:

  1. Sayuran yang telah potong-potong dan dicuci bersih, rebuslah satu per satu. JIka sudah, tiriskan.
  2. Haluskan kacang tanah, bisa ditumbuk dengan cobek, bisa juga diblender.
  3. Tumbuk bawang putih,cabe, kencur, daun jeruk. Juga tambahkan sedikit garam. Setelah halus masukkan gula merahnya. Cairkan dengan air asam jawa secukupnya.
  4. Campur bumbu kacang dengan aneka sayuran rebus, ketupat yang telah dipotong-potong, dan bakwan atau tempe goreng yang telah dirajang.
  5. Campur secara seimbang antara bumbu kacang dan sayurnya. Bisa menemukan  rasa yang pas.
  6. Nah, lotek siap disajikan dengan taburan kerupuk kecil diatasnya

Sudah siap berkreasi di dapurmu hari ini?

Baca Juga: Info Harga Nasi Box Jogja

 

Klepon dan Lopis Bikin Rindu

klepon

Klepon dan Lopis Jajanan Pasar Bikin Rindu

Klepon dan lopis adalah jajanan pasar tradisional,keduanya berbahan dasar ketan dan gula merah. Taburannya juga kelapa muda parut. Bahannya sih sama, tetapi sensasi rasanya beda. Kok bisa ya? Kita ulas keduanya yuk…

Klepon

Klepon bentuknya bulat-bulat kecil, dengan gula kelapa didalamnya. Ketika dimakan, kunyahan kedua  akan pecah di mulut, dan keluarlah rasa manis gula merah.

Kalau dipikir-pikir, orang tua jaman dulu itu kreatif banget ya. Bahan dasar untuk membuat klepon, sama dengan lopis. Bahan tersebut diolah dengan cara yang berbeda, hasilnya juga beda.

Yuk simak bahan dan cara pembuatan klepon.

Bahan-bahan yang diperlukan:

250 tepung beras ketan

50 gram tepung beras biasa

Air secukupnya

Kelapa muda parut, dikukus agar  tidak mudah basi

150 gram gula merah atau secukupnya, disisir lembut ya

2 sdm gula pasir

Cara membuatnya:

  1. Buat adonan dengan mencampur tepung beras ketan, tepung beras biasa, pewarna hijau atau lainnya sesukamu, dan garam dengan air secukupnya sedikit demi sedikit agar tidak terlalu lembek. Campur rata, pastikan adonan tersebut dalam kekentalan yang pas, sehingga bisa dibentuk bolat-bolat kecil.
  2. Bentuk adonan tersebut menjadi bola-bola kecil, dan masukkan sedikit gula merah yang telah disisir tadi. Pastikan gulanya tertutup rapat adonan, sehingga ketika direbus bola-bola klepon tidak pecah.
  3. Kemudian masukkan klepon dalam keadaan air sudah mendidih.
  4. Jika sudah mengapung, itu pertanda sudah matang
  5. Sementara itu, siapkan kelapa muda parut yang dicampur sedikit gula pasir dan sedikit garam hanya untuk pengimbang rasa.
  6. Setelah klepon matang, angka, dan tiriskan.
  7. Kemudian, gulung-gulungkan klepon dalam kelapa parut tadi.
  8. Klepon siap dinikmati.

Nah, begitulah cara membuat klepon. Mudah dan simple kan? Tentunya juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Jajanan pasar kesukaanku selain klepon juga lopis.

lopis

Lopis

Lopis adalah makanan yang berbahan ketan yang sebelum disajikan bentuknya seperti lontong. Lopis dinikmati dengan taburan parutan kelapa muda. Sebelum dinikmati lopis biasanya diguyur dengan sirup gula jawa atau juruh. Biasanya penjual lopis, juga menjual grontol, tiwul, cenil, dan gatot. Proses membuat semua jajanan tradisional yang saya sebutkan tadi, sangat lama, perlu waktu berjam-jam. Maka, kini sering didapati penjual yang hanya menjual beberapa jenis saja.

Sampai sini sebenarnya otakku sudah mulai terpenuhi dengan lopis. Jadi pengen menikmatinya.

Bahan untuk membuat lopis adalah:

500 gram beras ketan, cuci bersih, dan rendam selama satu jam

1 sdm air kapur sirih

1 sdt garam

Daun pisang klutuk (daun pisang ini tidak mudah pecah untuk membuat kelontong lopis, mudah didapat di pasar-pasar tradisional)

Kelapa muda parut, secukupnya, hanya untuk taburan di atas lupis

Bahan juruh atau sirup gula jawa/gula merah

250 gram gula jawa atau gula merah

1 lembar daun pandan atau bisa juga diganti vanili

200 ml air

1/4 sdt garam

 

Cara membuat Lopis

  1. Beras ketan dan juga air kapur sirih dicampur, jangan lupa beri garam, agar rasanya juga gurih.
  2. Sementara itu, buatlah kelontong dari daun pisang.
  3. Masukkan beras ke dalam kelontong. Disi 2/3 saja. Setelah kelontong tertutup rapat, ikat kelontong tersebut secara memutar agar kelontong tidak pecah selama direbus.
  4. Setelah itu, rebus kelontong hingga matang, sekitar 3 jam.
  5. Sambil menunggu lopis dalam kelontong, maenjadi matang, kita bisa mempersiapkan kelapa parutnya. Biasanya kelapa parutnya itu dalam keadaan mentah. Jadi dari kelapa miuda, diparut, itu sudah bisa digunakan untuk taburan lopis.
  6. Kemudian yang harus kita persiapkan adalah juruh gula merah.
  7. Rebus gula merah, daun pandan, atau vanili, serta garam. Hingga gulanya mendidih dan menggumpal, biarkan gulanya sampai mengental, sehingg gula terlihat mulur ketika diguyurkan pada lopis.
  8. Nah apakah sekarang, lopisnya sudah matang?
  9. Jika sudah angkat dan tiriskan lopis.
  10. Setelah dingin, kamu bisa buka daunnya, lalu dipotong-potong tipis atau sesuai selera.
  11. Taburkan kelapa parut diatasnya.
  12. Guyurkan gula merah diatas lopis dan kelapa parut
  13. lopis siap dinikmati.

Ada yang mau segera mencoba? Enak lho buat cemilan keluarga. Bisa untuk mengisi hari dan membuang bosan selama di rumah saja.

 

Selamat berkreasi…

Baca Juga: Cemplon, Jajanan Pasar Yang Juga Bikin Rindu

Baca Juga: Info Nasi Box Jogja

Liebster Award Buat Kawan Tersayang

Liebster Award

Liebster Award buat kawan tersayang, tau maksudnya? Jadi ceritanya, beberapa waktu yang lalu, seorang kawan mengirimkan pesan. “Mbak, kamu tak masukan dalam daftar yang aku anugerahi Liebster Award ya, nulisnya sakselomu aja.” Maksudnya kapan aja kalau ada waktu luang baru menulis, jadi gak ada batasan waktu gitu. Tantangan mendadak serupa tembakan mesra. Haha…  Tembakan yang bukannya membuat mati, tapi malah bikin hidup.

Oke, thanks so much Miss Riana tembakanmu akan memberikan cahaya untuk www.nasiboxjogja.id agar si miminnya mau terus menulis, nggak melulu jualan, tapi juga berbagi resep atau artikel yang bermanfaat begitu. Miss Riana adalah sahabat blogger yang sering juara dalam lomba menulis artikel. Bahkan pernah dapat hadiah piknik keluar negeri gara-gara menulis. Mantaapp…  Oke deh lanjut ke Liebster Award yaa…

Liebster Award Itu Apa?

Liebster bermakna tersayang. Saya termasuk yang disayang Miss Riana. hehe…  Jadi, ada seorang blogger dari Jerman yang iseng memberikan award kepada 11 teman bloggernya. Sejak itu Liebster award menjadi populer di kalangan blogger di dunia, hingga menular juga di Indonesia. Liebster Award tujuannya untuk mempererat tali persahabatan antar sesama blogger.

Aturan Main Liebster Award

Ini beberapa yang harus dipatuhi untuk mengikuti tantangan Liebster Award

  1. Mengucapkan terimakasih kepada pemberi tantangan atas anugerah Liebser Awards
  2. Wajib menyematkan link tulisan Liebster Awards dari si pemberi tantangan. Ingat, link tulisan hidup ya, jangan alamat blognya saja.
  3. Wajib menuliskan 7 fakta tentang diri sendiri
  4. Kamu juga harus menjawab 7 pertanyaan yang diajukan oleh pemberi tantangan Liebster Awards.
  5. Wajib menantang 7 blogger lainnya untuk melakukan hal yang sama. Jika susah? Gak harus sampai 7 juga gapapa.
  6. Wajib memberi 7 pertanyaan kepada 7 blogger yang kita anugaerahi Liebster Awards.
  7. Kamu juga harus menyisipkan alamat blog dari 7 blogger (atau sesuai kondisi) yang kita anugerahi awards.
  8. Menulis poin 1 sampai 7 tersebut ke dalam  blog masing-masing, dan jangan lupa menyisipkan logo Liebster Awards di dalamnya.

Gimana, udah ada yang merasa tertarik? Lanjuuutt…

7  Fakta Tentang Diri Saya

  1. Aku  paling sedih jika tidak bisa menepati janji. Karenanya ketika aku sedang janjian dengan siapapun, aku selalu berusaha menepati, sebab aku tak ingin tersiksa oleh rasa bersalah karena ingkar.
  2. Aku penyuka makanan fresh daripada makanan yang berpengawet sebab makanan yang fresh rasanya lebih enak dan sehat.
  3. Dalam keseharian, aku orangnya santai. Aku bukan seorang pemikir serius, sehingga menghabiskan banyak waktu untuk sekedar memutuskan sesuatu. Bagiku dengan santai itu, membuat kita tidak mudah stres.
  4. Aku sebenarnya humoris, cuma terkadang tidak berani memulai gurauan lebih dulu. Tapi kalau sudah dipancing becanda. Edan mah edan aja. Ngakak-ngakak bersama, apalagi dengan kawan dekat.
  5. Aku suka jajanan pasar tradisional. Lopis dan klepon, paling kusuka.
  6. Aku sangat menyukai pantai. Tapi tidak untuk mandi atau berenang di pantai, karena takut. Aku hanya memandang lautan yang luas, menikmati deburan ombak, sepertinya jadi lupa urusan dunia. Haha..
  7. Bermalas-malasan dan menonton youtube tanpa diganggu, adalah caraku memanjakan diri.

Nah, itulah diriku, sekarang saatnya menjawab pertanyaan dari  Miss Riana dalam Liebster Award. Langsung saja yaa…

  1. Apa hal nyebelin yang bikin kamu malu seumur hidup?

Jawab: gak ada.

  1. Imutan mana, cacing atau kecoak? Beserta alasannya ya?

Jawab: Pengennya sih jawab gak ada yang imut, dua-duanya bikin aku ngeri. Tapi kalau harus ngejawab, kecoak aja deh. Alasannya kalau kecoak telentang, gak perlu dibunuh, juga akan mati sendiri.

  1. Waktu sekolah lebih suka pelajaran hitungan atau hafalan?

Jawab: Hafalan. Kalau hitungan bikin mumet.

  1. Rano Karno atau Roy Marten? Alasan dong

Jawab: Roy Marten. Karena gak punya kumis dan kalem.

  1. Boyband era 90-an yang kamu suka?

Jawab: New kids On The Block

  1. Film horor yang bikin kamu gak bisa tidur berhari-hari?

Jawab: Gak pernah nonton film horor, karena belum nonton udah takut duluan.

  1. Barang jadul yang masih ada di rumahmu hingga sekarang?

Jawab: Meja dan kursi kayu dengan dudukan rotan masih kokoh di rumahku. Sama sekali tidak ada kerusakan.

blogger jogja
Blogger Jogja

7  Pertanyaan Untuk Sahabat Yang Aku Anugerahi Liebster Award

  1. Kapan terakhir kali kamu menangis? Alasan menangis kenapa?
  2. Siapa sosok inspiratif dalam hidupmu?
  3. Apa mimpimu dari kecil yang gak pernah berubah sampai sekarang, dan belum tercapai?
  4. Jika bisa memutar waktu, apa yang ingin kamu lakukan atau kamu perbaiki di dalam hidupmu?
  5. Dimana tempat refreshing favoritmu?
  6. Apa keinginanmu ketika nanti usiamu sudah 60 tahun?
  7. Gimana caramu menghemat keuangan dimasa krisis?

Blogger yang aku anugerahi Liebster award dan harus menjawab pertanyaanku adalah:

  1. Latifah Ayu

Blogger ini masih muda, usianya jauh dibawahku. Masih berstatus mahasiswa, tapi gak tau masih jomblo atau tidak. Yang jelas, belum menikah. Hehe… Orangnya kalem, ramah. Kami sering bertemu di acara-acara blogger. Kalau ingin tau tentang artikel-artikelnya yang menarik, ini nih blognya www.latifahkusuma.blogspot.com

  1. Leni Marlin

Pemilik blog www.ibubelajar.com ini tulisannya bagus-bagus. Kerap menjuarai lomba-lomba menulis. Berharap dia bakalan kasih tips, cara menangin lomba ke aku. Hehe..

3.  Agustina Purwantini

Aku memanggilnya Mba Tin. Setiap membaca artikel Mba Tin, aku merasa terhibur. Bahasanya ringan, bawaannya senang aja membacanya. Udah menulis beberapa buku juga. Kalau pengen ikutan baca artikel Mba Tin, ini blognya www.tinbejogja.com

 

Nah, sementara itu dulu ya.. Yang pengen aku tantang juga boleh komentar di bawah ya, ntar aku susulin. Oke, kutunggu jawabanmu ya kawan.

 

 

Udang Goreng Krispi Anti Gagal

udang goreng tepung krispi

Udang goreng tepung krispi, sangat cocok  untuk santapan bersama keluarga. Rasanya yang gurih dan lezat sungguh menggugah selera sebagai lauk. Jika mempunyai banyak waktu luang, mencoba memasak sendiri tentu akan menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Membuat udang goreng tepung krispi ini sangat mudah dan tidak ribet. Bumbunya juga sederhana. Namanya juga udang, digoreng dengan garam saja juga sudah enak. Hehe… Namun jika digoreng dengan tepung setidaknya tidak akan membuat udang mengecil dan menyusut.

Tepung udang krispi ini memang sudah banyak dijual di pasaran, tinggal campur, udah jadi. Namun dikala ada waktu luang seperti sekarang ini, yang lebih banyak aktivitas #dirumahsaja mencoba membuat adonan tepung sendiri tak ada salahnya kan? Karena tentunya lebih hemat.

Tetapi seringkali  ada kendala, kenapa tepung tidak kriuk renyah seperti saat  membeli di restoran-restoran.  Untuk resepnya sudah saya tulis disini ya. Nah kali ini, kita akan belajar bagaimana caranya agar udang goreng tepung krispi dapat kriuk dan renyah.

Udang Goreng Krispi Anti Gagal

1. Perhatikan Cara Melapisi Udang Dengan Tepung

Cara melapisi udang didalam tepung agar bisa kriuk dan renyah, syaratnya tepung tidak mengumpal. Kalau seperti itu jadinya malah seperti bakwan yang isinya udang. Trik untuk melapisi agar kriuk dan kering, adalah setelah udang masuk dalam tepung, bisa dicubit-cubit lalu di sedikit dikibas-kibaskan agar tepung yang tidak menempel di udang rontok. Nah pasti yang tertinggal di udang, tepungnya akan lebih keriting dan ketika digoreng akan krispi dan renyah.

2.Perhatikan Waktu Siap Untuk diGoreng

Kesalahan yang biasa dilakukan sehingga tepung udang tidak krispi adalah jarak antara udang yang teklah ditepungi dengan waktu siap digorengnya agak lama. Misalnya, sebelum digoreng kita suka menyiapkan sesuatu yang akan digoreng. Udang yang telah dilapisi dengan tepung terdiam terlalu lama, sehingga kandungan air yang ada di undang bisa meresap ke dalam tepung jadi tepung yang tadinya kering menjadi basah dan menggumpal. Itu yang membuat tepung tidak menjadi krispi dan renyah. Maka agar mendapatkan hasil tepung yang krispi, maka panaskan minyak  untuk penggorengan pertama. Setelah panas dan siap untuk menggoreng, matikan dulu. Saat itu segera lapisi udang dengan tepung.Kalau sudah udang sudah siap. Nyalakan kembali penggorengan. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk segera memasukkan udang ke dalam penggorengan. Untuk penggorengan selanjutnya sebaiknya api dimatikan. Sementara udang dilapisi tepung. Jadi udang tidak diam lama menunggu penggorengan siap dilakukan. O ya, untuk kepanasan minyaknya sedang ya, jangan terlalu panas, agar udang tidak mudah gosong.

3. Perhatikan Saat Mengaduk didalam Penggorengan

Setelah udang masuk didalam penggorengan, jangan cepat-cepat dibalik sebelum udang tampak kering. Sebab membolak-balik udang ketika belum kering dalam membuat rontok tepungnya.

Nah, itu tips agar udang goreng tepung bisa krispi dan renyah. Jika pertama mencoba belum berhasil. Pastikan mencoba berulang, agar ketrampilan memasak kita bisa terasah. Selanjutnya selamat berkreatifitas, dan usir rasa bosan di rumah dengan memasak. Jadikan masakanmu sebagai masakan ibu yang terlezat buat keluargamu ya…

Salam

 

Baca juga: Info Harga Nasi Box Jogja

Sop Campur Segar Untuk Buka Puasa

sop

Sop Campur, Segar Untuk Buka Puasa. Sop campur adalah sop yang isinya campuran dari berbagai bahan sayuran dan juga daging. Karena bahannya yang bermacam-macam sehingga gizinya juga banyak ya. Jika gizi cukup, tentunya sangat bagus untuk menjaga stamina tubuh. Apalagi dimusim pandemi seperti sekarang ini.

Sop campur juga sangat mudah dimudah, tidak memerlukan waktu lama. Bisa dimakan dari anak-anak balita hingga orang-orang tua. Cocoklah untuk masakan keluarga.

Inilah resep sop campur

Bahan dan bumbu:

Bahan sayur:

Kembang Kol, ruas kecil-kecil

Brokoli, ruas kecil-kecil

Wortel, potong tipis-tipis

Kentang, potong dadu

Jamur tiram, suwir-suwir

Sosis, potong-potong

Bakso, potong tipis

Ayam dada, potong dadu

1 Tomat, belah menjadi 4

Bahan-bahan bumbu tidak perlu banyak-banyak ya, sedikit-sedikit asal lengkap, karena air sop yang kita gunakan untuk resep kali ini hanya 1 liter.

Bumbu:

5 Siung bawang putih

1 sdm mrica

1/4 biji pala

2 batang daun bawang, potong serong

Garam secukupnya

Kaldu ayam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya jika suka

1 sdm bawang goreng

1 liter air

Sedikit minyak untuk menumis bumbu

Cara Membuatnya:

  1. Cuci bersih semua bahan sayur. Sisihkan.
  2. Haluskan bawang putih, mrica, pala.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum
  4. Tuang air
  5. Tunggu hingga mendidih airnya.
  6. Masukkan ayam terlebih dahulu
  7. Setelah dirasa ayam matang.  Kemudian masukkan bakso, sosis, dan semua sayur dan juga daun bawang.
  8. Masukkan garam, bumbu kaldu bubuk, penyedap rasa.
  9. Tunggu hingga matang.
  10. Angkat dan taburkan bawang goreng dalam mangkok penyajian.

Sop campur ini akan sangat cocok jika disajikan dengan tempe garit, yaitu tempe yang digoreng garing yang hanya dibumbu bawang putih dan garam. Namun ada juga yang merasa enak didampingi gorengan seperti mendoan atau bakwan. Dan untuk sambalnya kayaknya cocok dengan sambal tomat.

Tiba-tiba saya kok jadi ngiler ya, sepertinya nanti sore saya akan masak sop campur deh, buat buka puasa. Hehe…

Jadikan memasak untuk mengusir bosan selama ramadhan dirumahaja. Biar waktu tak terasa, hingga bedug magrib tiba. Selamat mencoba ya..

Baca Juga: Info Harga Nasi Box Jogja

 

 

 

 

 

 

 

 

Menikmati Gorengan Untuk Buka Puasa

tempe mendoan

Gorengan untuk buka puasa. Gorengan adalah makanan yang bahan dasarnya hanya tepung terigu dan dipadu dengan bahan pokok, bisa tempe, tahu, atau sayur. Selain sebagai cemilan, makanan ini juga bisa sebagai teman atau pendamping lauk. Tepung terigu yang mengandung karbohidrat, tentu dapat menambah rasa kenyang.

Gorengan adalah makanan yang merakyat. Hampir semua kalangan menyukainya. Lihat saja. Dari mulai angkringan, warung-warung makan, hingga di restoran besar pun, ditawarkan cemilan gorengan ini. Namun gorengan juga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan, karena kandungan minyaknya. Untuk menjaga kolesterol, lebih baik mengonsumsi gorengan yang wajar saja dan tidak berlebihan.

Nah, kali ini saya mau membagi tiga resep gorengan yang bisa kamu coba.

Tempe Mendoan, Gorengan Nikmat

Bahan dan Bumbu:

1 papan tempe ukuran sedang.

250 gram tepung terigu

3 siung bawang putih

1 butir kemiri

1 sth ketumbar

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya jika suka

2 batang daun bawang

Minyak goreng secukupnya

Cara Membuatnya:

  1. Potong tempe, ukuran sesuai selera lalu belah tipis-tipis.
  2. Haluskan 1 siung bawang dan beri sedikit garam dan air, untuk mengolesi tempe agar berasa tempe tidak hambar. Kemudian sisihkan.
  3. Haluskan 2 bawang putih, kemiri, dan ketumbar.
  4. Siapkan terigu, dan masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi.
  5. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya.
  6. Masukkan pula daun bawang yang sudah diiris-iris kecil
  7. Tuang air secukupnya sedikit demi sedikit agar adonan tepung tidak terlalu encer. Kalau terlalu encer nanti jadi kayak keripik dong. Sedangkan mendoan lebih enak kalau tepungnya agak tebal menempel di tempe.
  8. Panaskan minyak goreng
  9. Celupkan tempe ke dalam adonan tepung satu per satu. Dan masukkan ke minyak dengan kepanasan sedang. Kalau minyak terlalu panas, selain tepung  mudah gosong, tempe didalamnya juga tidak akan matang. Minyak juga tidak boleh jika belum panas, karena akan meresep minyak, jadi tempe mendoannya jadi lembek dan basah berminyak.
  10. Goreng tempe sampai kekuningan.
  11. Angkat, tempe mendoan siap dinikmati.

Untuk ukuran tepung 250 gram, biasanya bisa menjadi 25 tempe mendoan sedang. Tetapi juga tergantung besar kecil mendoannya ya.

bakwan

Bakwan Sayur, Gorengan Yang Bikin Kangen

Bahan dan bumbu:

250 gram tepung terigu

1 ons tauge kecil

1 wortel yang dirajang stik-stik kecil

2 batang daun bawang

3 Siung bawang putih

2 butir kemiri

1 sdt  mrica

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya jika suka

Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Haluskan bawang putih, kemiri, dan mrica.
  2. Siapkan tepung terigu di wadah yang agak longgar
  3. Masukkan bumbu yang telah di haluskan
  4. Masukkan pula garam dan penyedap rasa
  5. Masukkan daun bawang yang telah dijang kecil-kecil
  6. Masukkan tauge dan juga wortel
  7. Tuang air secukupnya dan aduk hingga rata
  8. Panaskan minyak goreng
  9. Goreng adoan dengan besaran sesuai selera. Kalau saya menggunakan centong nasi, sehingga tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil.
  10. Goreng bakwan hingga kekuningan.
  11. Angkat dan bakwan siap dinikmati.

tahu isi

Tahu Isi Sayur, Gorengan Yang Paling Aku Suka

Bahan dan bumbu:

500 gram tahu putih

250 gram tepung terigu

3 siung bawang putih

2 butir kemiri

1 sdt ketumbar

2 batang daun bawang

Bahan isi tahu:

3 lembar kol, rajang lembut

1 ons tauge kecil

1 wortel, dipotong seperti stik-stik kecil

1 batang daun bawang yang dirajang kecil

Bumbu kaldu ayam secukupnya

1sdt  mrica bubuk

Buat isi tahu terlebih dahulu:

  1. Sangrai kol, tauge, wortel, beri sedikit air, bumbu kaldu ayam secukupny dan mrica bubuk.
  2. Jika sayur sudah layu angkat dan tiriskan, agar tidak ada air didalamnya.

Cara membuat:

  1. Potong tahu menjadi beberapa bagian
  2. Belah setiap tahunya dan masukkan isi yang telah dibuat tadi secukupnya.
  3. Buat adonan terigu
  4. Haluskan bawang putih, kemiri, dan ketumbar.
  5. Siapkan terigu, dan masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi.
  6. Masukkan garam dan penyedap rasa, juga rajangan daun bawang
  7. Beri air secukupnya, aduk hingga rata
  8. Panaskan minyak
  9. Celupkan satu persatu tahu isi tadi ke dalam adonan terigu.
  10. Masukkan satu persatu tahu ke dalam penggorengan, dalam minyak yang panas sedang.
  11. Tunggu hingga matang kekuningan
  12. Tahu isi siap dinikmati.

Nah, itulah resep beberapa gorengan yang bisa kamu coba dirumah. Memasak adalah cara mengusir bosan selama di rumah aja. Selamat mencoba.

Info: Harga Nasi Box Jogja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nasi Box Sambal Goreng Ati Ampela

nasi box
dok.pri

Nasi Box Sambal Goreng Ati Ampela

Nasi box dengan isian sambal goreng ati ampela terkadang juga diminati pembeli.  Resepnya akan saya bagi disini. Tak perlu memakai sambal terpisah, sambal goreng ati ampela sudah berasa pedas.  Menu ini biasanya dijadikan pendamping lauk. Dan akan cocok jika dipadukan dengan lauk yang tidak pedas, seperti ayam goreng, ayam bakar, ikan goreng, dan sejenisnya.

Nah, kali ini saya ingin membagikan resep untuk membuat sambal goreng ati ampela yang biasanya dipesan oleh pelanggan Asri Wiji Nasi Box. Jadi, kamu juga bisa membuatnya sendiri.  Bolehlah untuk variasi lauk di rumah.

Resep Sambal Goreng Ati Ampela

Bahan pokok

1 kg ati ampela

Bahan dan bumbu sambal

250 gram lombok merah

2 butir tomat ukuran sedang

10 siung bawang merah

3 siung bawang putih

2 butir kemiri

3 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

2 jari jahe memarkan

2 jari lengkuas

1 batang serai

5 cm kunyit

5 cm kencur

3 sdm gula pasir

1 sdt garam  atau  secukupnya

Penyedap rasa secukupnya jika suka

MInyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Rebus ati ampela yang telah di cuci bersih, sampai matang. Untuk mengurangi bau amis, bisa tambahkan 3 daun salam, sejumput garam.
  2. Sementara ati ampela direbus. Kita bisa membuat sambalnya terlebih dahulu. Di panci lain rebus juga lombok, tomat, bawang merah, bawang putih, dan kemiri, ini dimaksudkan agar mudah dalam menghaluskannya. Setelah terlihat empuk dan layu. Tiriskan dan haluskan lombok dan bumbu yang telah direbus tadi. Nah, ini telah menjadi sambal tapi belum sempurna ya. Sisihkan terlebih dahulu.
  3. Nah, coba tengok rebusan ati ampelanya. Pasti udah empuk kan? Angkat dan titriskan ya…
  4. Kemudian goreng ati ampela tadi. Tidak perlu sampai garing. Seperti ditumis aja sebentar. Ini hanya agar ati ayamnya tidak lembek ketika nanti dimasukkan dalam sambal.
  5. Setelah digoreng semua, tunggu dingin ya. Lalu potong kecil-kecil. Sisihkan.
  6. Haluskan kencur dan kunyit. Sisihkan
  7. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis kencur dan kunyit, sampai layu, kemudian masukkan sambal yang belum sempurna, yang tadi  telah dibuat.
  8. Masukkan pula daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas, serai, garam, gula, dan penyedap rasa.
  9. Tambahkan 500 ml air.
  10. Setelah mendidih, masukkan ati ampela yang telah dipotong-potong tadi.
  11. Aduk hingga ati dan sambal rata.
  12. Tunggu hingga air menyusut, dan sambal tampak mengental
  13. Nah, sambal goreng ati ampela siap disajikan.

Tips memasak:

Memasak dari hati, memakai perasaan biasanya rasanya akan lebih mengena. Setiap keluarga memiliki selera rasa yang berbeda-beda. Jadi pastikan, kepedasan, keasinan, kemanisannya sesuai dengan keinginan keluarga kita.

Baca Juga: Daftar Harga Nasi Box Jogja Terbaru

Baca Juga: Cara Mengusir Bosan Ketika di Rumah Aja

Resep Kolak Ubi Untuk Buka Puasa

Resep Kolak
Resep Kolak

Kolak Ubi Untuk Buka Puasa

Resep kolak ubi  ada disini. Cocok untuk pembuka puasa. Minuman ini berasa manis dan segar. Di bulan ramadhan biasa banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. Namun tentu berbeda dengan, ramadhan tahun ini. Mewabahnya virus corona atau COVID-19 sangat mempengaruhi segala aktivitas. Tidak banyak penjual kolak ditemui di pinggir jalan.

Himbauan untuk di rumah saja demi kebaikan bersama, tentu tak menghalangi kita untuk menikmati kolak disaat berbuka puasa. Kita juga bisa mencoba membuatnya sendiri, bisa lebih hemat lagi dan tentunya untuk mengusir bosan di rumah  juga.

Pada umumnya kolak berisi ubi, pisang kepok, kolang kaling, salak. Kembali kepada selera ya. Namun pada dasarnya bumbu dan rasanya kuahnya hampir sama. Kali ini saya mau membagikan resep membuat kolak yang sangat sederhana, yang isinya hanya ubi dan pisang kepok.

Resep Kolak Ubi

Bahan dan Bumbu

1 kg ubi dipotong dadu

2 buah pisang kepok, dipotong-potong tipis

1 liter santan

500 gram gula merah

3 sdm gula pasir

10 cm  kayumanis sebesar tulunjuk

3 cengkeh

2 jahe masing-masing sebesar ibu jari

1  batang serai

1 sdt rata garam

Cara membuatnya:

  1. Panaskan santan
  2. Masukkan gula merah, gula pasir, garam, kayu manis, cengkeh, jahe yang sudah digeprek, batang serai juga di geprek
  3. Tunggu hingga mendidih. Jangan sampai santannya pecah
  4. Masukkan ubi dan pisang
  5. Masak hingga ubi matang. Jangan lupa cicipi kemanisannya sesuai dengan seleramu ya.
  6. Kolak siap dinikmati.

Mudah banget kan, memasaknya juga tidak lama. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya ya… O ya jika cuaca sedang panas, saya lebih suka membuatnya di pagi hari, sehingga saya bisa memasukkannya di dalam kulkas. Dan ketika tiba saatnya berbuka, kolaknya begitu segar dingin. Namun jika cuaca tidak terlalu panas, saya suka menikmati kolak hangat untuk berbuka puasa.

Kalau kamu lebih suka dingin atau hangat? Apapun seleramu, pastikan kamu mencoba resep kolak ubi ini ya..

Baca Juga: Harga Nasi Box Jogja

 

 

 

Nasi Box Jogja Tuna Pedas Kemangi

nasi box jogja
Tuna Pedas Kemangi

Nasi Box Jogja Lauk Tuna Pedas Kemangi

Sahabat Nasi Box Jogja Asri Wiji, kali ini aku mau berbagi cara bagaimana membuat  Tuna Pedas Kemangi. Olahan ikan ini juga menjadi salah satu lauk, yang terkadang menjadi isian di dalam nasi kotak. Tuna Pedas Kemangi, berasa gurih tapi pedas, bertekstur empuk, dan aromanya tidak amis, karena di dalam pengolahannya di tambahkan kemangi. Langsung saja ya, simak resep dibawah ini.

Tuna Pedas Kemangi Ala Nasi Box Jogja Asri Wiji

Bahan dan Bumbu

1 kg Tuna yang telah di potong-potong

10 siung bawang merah

5 siung bawang putih

3 butir kemiri

1 ons lombok merah atau sesuai selera

1/2 sdt ketumbar bubuk

1 sdt garam atau secukupnya

Penyedap rasa secukupnya jika suka

5 batang kemangi

500 ml air santan kental

1 sdm gula pasir

3 cm kunyit

2 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

1 jari lengkuas

1 jari jahe

1 batang serai

 

Cara membuatnya:

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan kunyit.

2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, masukkan pula daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, serai. Tumis hingga layu dan harum.

3. Tuang santan. Masukkan pula garam, gula, penyedap rasa. Tunggu hingga mendidih.

4. Kemudian masukkan ikan tuna yang telah dipotong-potong

5. Aduk hingga rata bumbu kuah kuning tersebut

6. Masak hingga matang, dan airnya menyusut, hampir habis.,

7. Sebelum santan hampir habis, masukkan kemangi dan aduk.

8. Jika kuah sudah hampir habis, dan tuna sudah empuk. Angkat dan siap dihidangkan.

Ada yang mau langsung mencoba resep ini sekarang? Bolehlah untuk variasi olahan ikannya, karena memasak bisa untuk mengurangi rasa bosan ketika harus di rumah aja. Tapi kalau mager, boleh juga pesan disini.

O ya, tuna pedas kemangi ini empuk dan basah. Kalau orang Jawa namanya nyemek untuk isian nasi box Jogja, lebih cocok jika didampingi ayam filet tepung, dan tahu atau tempe bacem. Jadi dalam satu kotak ada yang pedas, gurih, dan manis. Enak, kan? Kalau menurutmu lebih suka jika dipadu dengan menu apa?

 

 

 

 

 

 

Nasi Box Jogja Lauk Ayam Bumbu Terik

nasi box jogja

Nasi Box Jogja Isi Ayam Bumbu Terik

Nasi box Jogja Asri Wiji dengan isian ayam bumbu terik. Biasanya di padu dengan   gudeg.  Rassanya gurih, yang  berasal dari santan kelapa yang kental.  Kali ini, kami akan bagikan cara membuat ayam bumbu terik, agar kamu yang belum pernah datang ke Jogja, menjadi bisa sedikit membayangkan rasanya.

Resep Ayam Bumbu Terik

Bahan dan Bumbu

500 gram ayam yang sudah dipotong-potong

500 ml air santan kental

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

2 butir kemiri

1 sdt ketumbar

1 sdt garam atau secukupnya

Sedikit Bumbu kaldu ayam secukupnya

Penyedap rasa jika suka

1 sdt gula pasir

2 cm kunyit

3 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

1 jari lengkuas

1 jari jahe

1 batang serai

Sedikit minyak untuk menumis

Cara membuatnya:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan
  3. Setelah layu dan tercium bau harum, tuang santan kental
  4. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, jahe, garam, gula, bumbu kaldu ayam, dan penyedap rasa jika suka
  5. Setelah santan mendidih, masukkan ayam yang telah dicuci bersih
  6. Tunggu hingga ayam matang dan empuk. Sesekali diaduk agar santan tidak pecah ya..
  7. Jangan lupa cicipi sebelum ayam diangkat, pastikan rasanya sudah sesuai seleramu.

Nah, sangat mudah, kan? Olahan ayam seperti ini sangat cocok bagi orang yang suka dengan ayam yang empuk.  Jika kamu ingin lebih gurih lagi, kamu bisa menambahkan areh atau blendo kelapa. Apa itu? Areh atau blendo adalah sari kelapa yang didapat dari hasil pembuatan minyak kelapa.  Jadi sebelum kuah santan menyusut, kamu bisa menambahkan blendo ini.

 

Baca Juga: Info Harga Nasi Box Jogja

 

 

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Follow Us

Open chat
Info Lengkap Klik Disini
Halo, ada yang bisa Kami bantu?
Powered by