Resep Kolak Ubi Untuk Buka Puasa

Resep Kolak
Resep Kolak

Kolak Ubi Untuk Buka Puasa

Resep kolak ubi  ada disini. Cocok untuk pembuka puasa. Minuman ini berasa manis dan segar. Di bulan ramadhan biasa banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. Namun tentu berbeda dengan, ramadhan tahun ini. Mewabahnya virus corona atau COVID-19 sangat mempengaruhi segala aktivitas. Tidak banyak penjual kolak ditemui di pinggir jalan.

Himbauan untuk di rumah saja demi kebaikan bersama, tentu tak menghalangi kita untuk menikmati kolak disaat berbuka puasa. Kita juga bisa mencoba membuatnya sendiri, bisa lebih hemat lagi dan tentunya untuk mengusir bosan di rumah  juga.

Pada umumnya kolak berisi ubi, pisang kepok, kolang kaling, salak. Kembali kepada selera ya. Namun pada dasarnya bumbu dan rasanya kuahnya hampir sama. Kali ini saya mau membagikan resep membuat kolak yang sangat sederhana, yang isinya hanya ubi dan pisang kepok.

Resep Kolak Ubi

Bahan dan Bumbu

1 kg ubi dipotong dadu

2 buah pisang kepok, dipotong-potong tipis

1 liter santan

500 gram gula merah

3 sdm gula pasir

10 cm  kayumanis sebesar tulunjuk

3 cengkeh

2 jahe masing-masing sebesar ibu jari

1  batang serai

1 sdt rata garam

Cara membuatnya:

  1. Panaskan santan
  2. Masukkan gula merah, gula pasir, garam, kayu manis, cengkeh, jahe yang sudah digeprek, batang serai juga di geprek
  3. Tunggu hingga mendidih. Jangan sampai santannya pecah
  4. Masukkan ubi dan pisang
  5. Masak hingga ubi matang. Jangan lupa cicipi kemanisannya sesuai dengan seleramu ya.
  6. Kolak siap dinikmati.

Mudah banget kan, memasaknya juga tidak lama. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya ya… O ya jika cuaca sedang panas, saya lebih suka membuatnya di pagi hari, sehingga saya bisa memasukkannya di dalam kulkas. Dan ketika tiba saatnya berbuka, kolaknya begitu segar dingin. Namun jika cuaca tidak terlalu panas, saya suka menikmati kolak hangat untuk berbuka puasa.

Kalau kamu lebih suka dingin atau hangat? Apapun seleramu, pastikan kamu mencoba resep kolak ubi ini ya..

Baca Juga: Harga Nasi Box Jogja

 

 

 

Nasi Box Jogja Tuna Pedas Kemangi

nasi box jogja
Tuna Pedas Kemangi

Nasi Box Jogja Lauk Tuna Pedas Kemangi

Sahabat Nasi Box Jogja Asri Wiji, kali ini aku mau berbagi cara bagaimana membuat  Tuna Pedas Kemangi. Olahan ikan ini juga menjadi salah satu lauk, yang terkadang menjadi isian di dalam nasi kotak. Tuna Pedas Kemangi, berasa gurih tapi pedas, bertekstur empuk, dan aromanya tidak amis, karena di dalam pengolahannya di tambahkan kemangi. Langsung saja ya, simak resep dibawah ini.

Tuna Pedas Kemangi Ala Nasi Box Jogja Asri Wiji

Bahan dan Bumbu

1 kg Tuna yang telah di potong-potong

10 siung bawang merah

5 siung bawang putih

3 butir kemiri

1 ons lombok merah atau sesuai selera

1/2 sdt ketumbar bubuk

1 sdt garam atau secukupnya

Penyedap rasa secukupnya jika suka

5 batang kemangi

500 ml air santan kental

1 sdm gula pasir

3 cm kunyit

2 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

1 jari lengkuas

1 jari jahe

1 batang serai

 

Cara membuatnya:

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan kunyit.

2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, masukkan pula daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, serai. Tumis hingga layu dan harum.

3. Tuang santan. Masukkan pula garam, gula, penyedap rasa. Tunggu hingga mendidih.

4. Kemudian masukkan ikan tuna yang telah dipotong-potong

5. Aduk hingga rata bumbu kuah kuning tersebut

6. Masak hingga matang, dan airnya menyusut, hampir habis.,

7. Sebelum santan hampir habis, masukkan kemangi dan aduk.

8. Jika kuah sudah hampir habis, dan tuna sudah empuk. Angkat dan siap dihidangkan.

Ada yang mau langsung mencoba resep ini sekarang? Bolehlah untuk variasi olahan ikannya, karena memasak bisa untuk mengurangi rasa bosan ketika harus di rumah aja. Tapi kalau mager, boleh juga pesan disini.

O ya, tuna pedas kemangi ini empuk dan basah. Kalau orang Jawa namanya nyemek untuk isian nasi box Jogja, lebih cocok jika didampingi ayam filet tepung, dan tahu atau tempe bacem. Jadi dalam satu kotak ada yang pedas, gurih, dan manis. Enak, kan? Kalau menurutmu lebih suka jika dipadu dengan menu apa?

 

 

 

 

 

 

Nasi Box Jogja Lauk Ayam Bumbu Terik

nasi box jogja

Nasi Box Jogja Isi Ayam Bumbu Terik

Nasi box Jogja Asri Wiji dengan isian ayam bumbu terik. Biasanya di padu dengan   gudeg.  Rassanya gurih, yang  berasal dari santan kelapa yang kental.  Kali ini, kami akan bagikan cara membuat ayam bumbu terik, agar kamu yang belum pernah datang ke Jogja, menjadi bisa sedikit membayangkan rasanya.

Resep Ayam Bumbu Terik

Bahan dan Bumbu

500 gram ayam yang sudah dipotong-potong

500 ml air santan kental

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

2 butir kemiri

1 sdt ketumbar

1 sdt garam atau secukupnya

Sedikit Bumbu kaldu ayam secukupnya

Penyedap rasa jika suka

1 sdt gula pasir

2 cm kunyit

3 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

1 jari lengkuas

1 jari jahe

1 batang serai

Sedikit minyak untuk menumis

Cara membuatnya:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan
  3. Setelah layu dan tercium bau harum, tuang santan kental
  4. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, jahe, garam, gula, bumbu kaldu ayam, dan penyedap rasa jika suka
  5. Setelah santan mendidih, masukkan ayam yang telah dicuci bersih
  6. Tunggu hingga ayam matang dan empuk. Sesekali diaduk agar santan tidak pecah ya..
  7. Jangan lupa cicipi sebelum ayam diangkat, pastikan rasanya sudah sesuai seleramu.

Nah, sangat mudah, kan? Olahan ayam seperti ini sangat cocok bagi orang yang suka dengan ayam yang empuk.  Jika kamu ingin lebih gurih lagi, kamu bisa menambahkan areh atau blendo kelapa. Apa itu? Areh atau blendo adalah sari kelapa yang didapat dari hasil pembuatan minyak kelapa.  Jadi sebelum kuah santan menyusut, kamu bisa menambahkan blendo ini.

 

Baca Juga: Info Harga Nasi Box Jogja

 

 

Nasi Box Jogja Isi Gudeg

nasi box jogja

Nasi Box Jogja Isi Gudeg

Nasi  box Jogja isi gudeg dengan lauk pendamping tahu, tempe, ayam, sambal goreng tempe. Ada yang ingin tahu resepnya? Kali ini saya mau bagi resep Gudeg Jogja. Resep sambal goreng tempe dan krecek. juga saya bahas karena  ini termasuk olahan pendamping gudeg. Lauknya adalah tahu dan tempe, ayam bumbu terik, atau telur semur. Untuk resep telur semurnya pernah ditulis disini ya. Makanan khas Jogja ini rasanya dominan manis. Banyak juga dijajakan di Malioboro, terutama di malam hari.  Buat orang Jogja, ini sudah biasa ya. Namun bagi orang luar Jogja atau malah luar pulau yang belum pernah makan Gudeg, ada resepnya nih, buat dicoba dirumah.

Resep Gudeg Jogja

Bahan dan bumbu

1 kg nangka muda yang telah dikupas dan dicacah

10 siung bawang merah

5 siung bawang putih

5  butir kemiri

1 sdm ketumbar

5 lembar daun salam

3 iris lengkuas

200 gram Gula Jawa atau secukupnya

1 sdm gula pasir

1 sdm garam atau secukupnya

Penyedap rasa secukupnya (jika suka)

1 liter santan kental

Cara membuatnya:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar.
  2. Rebus nangka muda, dan sekalian berikan bumbu yang telah dihaluskan.
  3. Masukkan pula daun salam, lengkuas, gulajawa, gula pasir, garam, penyedap rasa.
  4. Rebus nangka muda tersebut hingga airnya menyusut hampir habis.
  5. Diamkan semalam, agar warna nangka menjadi coklat kemerahan
  6. Setelah semalam, panaskan kembali rebusan nangka muda tersebut.
  7. Lalu tuangkan santan kental 1 liter atau secukupnya, cukup sampai nangka muda dapat terendam
  8. Ketika santan mendidih, harus diaduk-aduk agar santan tidak pecah, dan kegurihannya tidak hilang,
  9. Masak hingga santan menyusut, hampir habis.
  10. Cicipi sekali sesuai seleramu. Pada dasarnya gudeg cenderung berasa manis ya.
  11. Gudeg siap dihidangkan.

Resep Sambal Goreng Tempe Krecek

Bahan dan bumbu

1 lembar tempe, ukuran selera, potong dadu

250 gram krecek

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

1 ons lombok merah

Cabe rawit sesuai selera

2 butir kemiri

1 liter santan kental atau secukupnya

3 lembar daun salam

2 iris lengkuas

1 batang serai

1 ruas jahe

2 lembar daun jeruk

Pete dan ebi kering

Gula jawa secukupnya

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, lombok merah
  2. Sangrai bumbu yang telah dihaluskan, sampai layu dan harum
  3. Tuang santan yang telah disiapkan
  4. Masukkan daun salam, lengkuas, jahe, daun jeruk, daun serai, pete, ebi kering, cabe rawit utuh
  5. Setelah mendidih, masukkan krecek
  6. Setelah krecek tampak empuk dan matang, masukkan tempe
  7. Masak hingga tempe matang
  8. Sambel goreng tempe krecek siap dihidangkan.

O ya, menu gudeg ini bisa juga menjadi isian menu di nasi box Jogja Asri Wiji. Jika sewaktu-waktu kamu berwisata ke Jogja, bisalah order disini.

 

 

 

Nasi Box Jogja Isi Nasi Liwet

nasi box jogja nasi liwet

Nasi Box Jogja Isi Nasi Liwet

Apa kabar hari ini? Semoga sehat-sehat  yaa… Kali ini aku mau bagi resep nasi liwet enakyang sering dipesan juga sebagai isian nasi box Jogja Asri Wiji .Nasi liwet biasanya dipadukan dengan lauk ayam suwir, telur, sambal goreng Jipang atau  labu dengan tambahan kerupuk gendar atau legendar.

Nasi Liwet

Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan air santan dan sedikit garam. Sehingga rasanya tidak tawar seperti nasi putih pada umumnya. Nasi liwet berasa gurih. Sebenarnya nasi liwet hampir sama dengan nasi kuning, yang membedakan adalah nasi kuning diberi pewarna alami yaitu kunyit sedangkan nasi liwet warnanya tetap putih biasa.

Sebagai contoh resep sederhana dalam porsi yang sedikit ini, bisa kamu coba, jika kamu ingin mecoba memasaknya sendiri.

Resep Nasi Liwet:

Bahan:

1 kg beras

1 lt Santan kental

1 sdm garam  atau secukupnya

3 lembar Daun salam

Cara memasaknya:

Masaklah beras yang telah dicuci dengan air santan. Jika kamu membuat santan sendiri, kelapa harus  dikupas, sehingga hasil parutannya bersih dan menghasilkan santan  yang bersih pula. Masukkan  garam dan daun salam. Sama seperti menanak nasi biasa. Setelah air asat, tetapi beras masih setengah matang. Kemudian kukus nasi tersebut sampai  matang. Mudah banget, kan?

ayam suwir nasi box jogja
Ayam suwir (dok,pri)

Sebagai pendamping untuk nasi liwetnya, ddisini  ada suwir ayamnya, dimasak pedas sederhana.

Resep Suwir Ayam Pedas

Bahan:
½ kg ayam dada

5 siung bawang merah

5 siung bawang putih

Lombok merah sesuai selera

Garam secukupnya

Gula Pasir secukupnya

Kecap secukupnya

Penyedap rasa (jika suka)

2 lb daun salam

2 lb daun jeruk

1 jari lengkuas

1 jari jahe

1 batang serai

Cara memasaknya:

Dada ayam direbus. Kemudian disuwir kecil.

Bawang merah, bawang putih, dan Lombok merah , dirajang (diiris tipis).

Tumis bumbu yang sudah dirajang tersebut, masukkan bumbu dapur (daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai, jahe. Tumis hingga bumbu bau harum dan layu.

Kemudian tuang air 200 ml atau secukupnya.

Masukkan garam, gula pasir, kecap manis, penyedap rasa (jika suka).

Tunggu air mendidih dan pastikan bumbu matang.

Lalu masukkan suwir ayam. Aduk sampai rata.

Jadi deh ayam suwir pedasnya.

Untuk suwir ayamnya selain dimasak pedas seperti itu, bisa juga dimasak bumbu kare atau terik. Semua enak, tergantung menuruti selera yang hendak menyantap saja.  Jika kamu menginginkan ayam yang dimasak dengan cara lain, bisa klik di artikel resep ayam goreng gurih  atau resep ayam bacem.

Nasi box Jogja Resep Telur Semur
Nasi Box Jogja Telur Semur. Foto: nasiboxjogja.id

Resep Semur Telur

Telur yang disemur berwarna kecoklatan gelap. Karena faktor gula Jawa dan kecap. Rasanya cenderung manis.  Kali ini contoh resep semur telur,  agak banyak. Jadi, bagi kamu yang ingin memasak dalam jumlah yang sedikit. Tinggal dikira-kira saja pembagian bumbunya.

Bahan dan bumbu Semur Telur

3 kg telur yang sudah di rebus, kupas.

5 siung Bawang Merah

6 siung Bawang Putih

4 butir Kemiri

1 sdm Mrica

½ Pala

5 cm Kunyit

250 gr Gula Jawa

2 sdm Gula Pasir

Kecap Manis secukupnya

Garam secukupnya

Penyedap Rasa secukupnya (jika suka)

1 jari Lengkuas

1 jari Jahe

5 lmb Daun salam

3 lmb Daun Jeruk

1 Batang Serai

Cara membuatnya:

Tumbuk atau haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, mrica, pala, dan kunyit.

Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi, masukkan pula lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk, serai.

Jika bumbu sudah layu dan tercium bau harum, masukkan air 2 liter atau secukupnya (bisa merendam semua telur)

Masukkan garam, gula jawa, gula pasir, kecap manis, penyedap rasa (jika suka).

Jika sudah mendidih, masukkan telur.

Sesekali diaduk, agar bumbu merata.

Masak hingga bumbu meresap , matang, dan air agak asat.

Siap deh semur telurnya…

nasi kotak jogja resep sambal goreng jipang
Nasi Kotak Jogja Sambal Goreng jipang. Foto: nasiboxjogja.id

Resep Sambal Goreng Jipang atau Labu

Lagi-lagi yang ingin bagikan resepnya agak banyak nih…  Bagi sendiri ya, perbandingan bumbunya.

Bahan dan bumbu:

1  kg Jipang yang diiris atau dirajang kecil memanjang

1 lt Santan

10 siung Bawang merah

5 siung Bawang Putih

4 butir Kemiri

5 cm kencur

1 ons Lombok Merah atau sesuai selera

5 butir Sedikit pete cina (Jika suka)

1 sdm ebi kering

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya (jika suka)

Gula pasir secukupnya.

3 lmbr Daun salam

3 lmbr Daun jeruk

1 jari Lengkuas

1 jari Jahe

1 batang Serai

Cara Membuatnya:

Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, Lombok merah, kencur.

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, juga masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, serai, pete cina, dan ebi.

Jika sudah tercium bau harum bumbu. Tuang santan yang telah disiapkan Lalu masukkan garam, penyedap rasa (jika suka), gula pasir, tomat yang telah diiris.

Tunggu sampai mendidih. Santan jangan sampai pecah ya..

Lalu masukkan jipangnya.

Tunggu sampai  matang

Siap dehh…

 

Kerupuk Gendar

Sebagai pelengkap nasi liwet, biasanya juga ada kerupuk gendarnya. Ada yang belum tahu, seperti apa kerupuk gendar? Jadi kerupuk ini  berasal dari beras atau nasi. Jaman dahulu, orang tua suka membuatnya  dari sisa nasi yang tidak habis. Nasi kalau sudah 12 jam, rasanya sudah tidak enak. Maka, orang tua jaman dulu, memanfaatkannya  untuk dibuat kerupuk. Tindakan yang tepat, kan? Dari pada dibuang,  mubadir. Mending kalau punya ayam, bisa dikasih buat makan ayam, hehee..

Jadi, nasi itu dikukus dan dicampur dengan sedikit garam agar gurih.  Sebagian orang, kadang mencampurinya dengan sedikit tepung tapioca. Sesudah itu, ketika nasi masih hangat kemudian di tumbuk, lalu  di pipihkan serupa kerupuk gendar itu. Lantas di jemur hingga kering. Setelah kering, baru di goreng. Renyah, gurih. Sst.. mimin suka ngemil kerupuk kayak gini lho… hehe

Jadi, begitulah isian nasi box Jogja Asri Wiji dengan menu nasi liwet. Sepertinya sederhana ya, namun bagi kamu yang jarang makan masakan rumahan  atau malah terlampau sering makan di resto, bakal sulit menemukan makan tradisional ini.   Masakan rumahan nasi liwet ini, kadang dapat membikin kamu rindu. Mau coba? Memasak dengan cinta dapat menghasilkan olahan yang enaak…

Sampai ketemu di artikel selanjutnya…

Salam Kuliner

Baca juga: Info Harga Nasi Box Jogja Terbaru

 

Nasi Box Jogja Untuk Ulang Tahun

nasi box jogja

Nasi Box Jogja Untuk Ulang Tahun

 

Nasi Box Jogja dengan isian nasi kuning juga disediakan oleh Asri Wiji Katering. Kali ini, saya mau memberitahu cara membuatnya. Resep nasi kuning yang gurih enak, tidak bau kunyit menyengat, begini lho.   Jadi, pengalaman adalah guru yang terbaik buat kita. Termasuk dalam hal masak-memasak. Percobaan memasak, meskipun sudah sesuai resep, terkadang hasilnya tidak selalu memuaskan. Mengapa demikian? Dalam mengolah makanan berbeda sedikit rempah saja, bisa menghasilkan rasa atau aroma yang berbeda.

Saya ingin berbagi pengalaman saya, saat saya membuat nasi kuning. Setuju gak kalau resep yang pas, adalah yang sudah kita coba berkali-kali? Jadi dulu, saat saya masih remaja, pernah membuat nasi kuning. Caranya sih sudah benar sesuai dengan arah ibu saya. Saya memang lebih suka diajari Ibu dalam memasak makanan tradisional. Bagi saya resepnya tak kalah dengan yang ada di buku-buku atau majalah.

Jadi, waktu itu, nasi kuning yang saya buat berasa bau kunyit. Padahal saya sudah memasak dengan ukuran waktu yang standar. Usut punya usut, satu kesalahan yang saya lakukan, yaitu kunyit yang saya gunakan untuk mewarnai beras, tidak saya goreng terlebih dahulu. Simpel banget kan ya? Ternyata kesalahan kecil berefek ke rasa juga.

Oke deh, sekarang saya bagi resepnya, agar kalian yang mau mencoba membuat nasi kuning,  bisa memiliki rasa yang gurih, enak, dan tentunya tidak beraroma kunyit yang menyengat.

 

Nasi Box Jogja | Resep Nasi Kuning Tidak Bau Kunyit

nasi kuning jogja

Bahan dan bumbu

1 kg beras

1 butir kelapa atau 250gram kelapa parut, ambil santannya sebanyak 1 liter

1 sdm garam

3 lembar daun salam

2 jari kunyit atau secukupnya sesuai selera kekuningannya

Cara membuatnya:

  1. Panaskan panci untuk mengukus, tunggu hingga airnya mendidih
  2. Sementara itu, cuci bersih beras, dan tiriskan
  3. Setelah itu, kukus beras selama 15 menit
  4. Sementara beras dikukus., Kupas kunyit, lalu goreng dengan api sedang, hingga kunyit tampak empuk. Menggoreng kunyit terlebih dahulu, selain menghilangkan bau kunyit didalam nasi kuning, juga memudahkan dalam menghaluskan kunyit.
  5. Siapkan santan, lalu masukkan garam, daun salam, dan kunyit yang sudah dihaluskan. Jangan lupa, kunyit halus, tetap harus disaring dulu ya, agar tidak ada sisa rerempahan kunyit menempel di nasi.
  6. Kemudian panaskan santan hingga mendidih. Jangan sampai pecah ya santannya.  Setelah mendidih, apinya dikecilkan saja.
  7. Lalu masukkan beras yang tadi dikukus (beras dalam keadaan masih panas ya) ke dalam santan mendidih, aduh pelan, setelah tampak air menyusut. Tutup panci. Dan matikan api. Tunggu sekitar 10 menit.
  8. Selanjutnya kukus nasi tersebut, hiingga matang, sekitar 30-45 menit.
  9. Nasi kuning siap disajikan.

Resep diatas sudah saya coba berkali-kali, dan saya merasa puas, nasi kuning, berwarna kuning tetapi tidak berbau kunyit yang menyengat, karena kunyitnya sudah matang sebelumnya.

Jadi kapan kamu mau mencoba?

Atau ada yang mau ulang tahun? Kamu sendiri atau orang-orang dekat kamu yang tersayang. Resep diatas bisa untuk 10 porsie ya, kalau anggota keluargamu cukup segitu, masak sendiri bisa lah. Hehe…

nasi kuning jogja

Tapi, jangan khawatir juga, jika kamu tidak ada waktu untuk memasak dalam jumlah banyak, nasi box Jogja  yang isinya nasi  kuning untuk perayaan ulang tahun. Kamu bisa pesan disini. Untuk info harga nasi box lainnya bisa cek disini ya.

 

Resep Mie Goreng Jawa Rumahan

mie goreng jawa
foto: dok. pri www.nasiboxjogja.id

Mie Goreng Jawa. Entah mengapa saya tidak pernah bosan dengan makanan yang berhubungan dengan mie, Mie kuning, mie putih, mie ayam, mie bakso, mie Jawa, mie instans juga. Kalau disebutkan masih banyak banget jenis mie. Mie ini kadang juga menjadi, pendamping lauk dalam sajian nasi kuning. Nah, kali ini saya ingin berbagi resep mie goreng Jawa.

 

Resep Mie Goreng Jawa

Resep mie goreng jawa
foto: dok. pri

Bahan:

2 Mie kering

1 butir telur

Kecap secukupnya

1 sendok teh gula pasir

Daun bawang secukupnya

Kol/wortel sesuai selera

1 butir telur

Ayam suwir secukupnya

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya jika suka

Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

 

Bumbu

5 siung bawang putih

3 butir kemiri

1 sendok teh mrica/ lada bubuk

 

Cara membuat:

  1. Rendam mi kering dalam air panas, beri sedikit minyak goreng agar mie tidak menggumpal nantinya. Jika sudah terasa lunak. Tiriskan
  2. Haluskan bumbu bawang putih, kemiri, dan mrica.
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan
  4. JIka sudah berbau harum, masukkan telur, sambil di orak arik.
  5. Tuang 1 gelas kecil atau 250 ml air putih, biarkan mendidih
  6. Lalu masukkan kol/wortel, daun bawang, ayam suwir, gula pasir, garam secukupnya,  penyedap rasa, dan kecap manis
  7. Jika wortel atau kol sudah lunak, lalu masukkan mie kering yang tadi ditiriskan
  8. Aduk terus sampai tercampur bumbu, dan air mengering
  9. Nah mie goreng Jawa siap dinikmati
  10. Disajikan dengan irisan mentimun dan tomat dan taburan bawang goreng dan daun seledri.

 

Jadi mudah sekali ya, bikin mie goreng Jawa ini, bisa di coba deh. Mie ini bisa jadi alternatif ketika sedang bosan makan nasi. Karena mie juga menngandung karbohidrat. O ya, jika ingin membuat mie rebus Jawa, bumbu dan caranya hampir sama, hanya saja, mie rebus dengan menambahkan airnya sehingga memiliki kuah dalam penyajiannya.

Mau mencoba?

 

 

Baca juga: Info harga nasi box Jogja

 

Nasi Box Jogja Hemat Untuk Wisata

nasi box jogja wisata jogja

Wisata Jogja? Lebih Hemat Dengan Nasi Box Jogja Ini

Nasi box Jogja, memang sering menjadi solusi untuk memenuhi konsumsi  bagi para wisatawan yang datang rombongan, seperti wisata sekolah atau kunjungan kerja lainnya.  Banyak alasan sehingga katering nasi box atau nasi kotak ini menjadi pilihan yang tepat  untuk kebutuhan makan para rombongan wisatawan itu.

Contoh wisatawan  yang  memesan nasi box untuk rombongan

Pak Imam, Jawa Barat

Beberapa bulan sebelumnya, Bapak ini sudah menghubungi kami, untuk meminta informasi mengenai nasi box Jogja. Rombongan yang dibawanya untuk wisata Jogja sekitar 400 orang. Alasannya menggunakan nasi kotak Jogja adalah untuk menghemat biaya, dan tentunya lebih efisien.

Diskusi kami, hanya lewat chat atau telepon whastapp saja. Akhirnya fix, beberapa waktu yang lalu beliau memesan 430 pack untuk makan siang dan 400 pack untuk makan sore/malam. Praktis dalam sehari Asri Wiji Katering membuat 830 pack hari itu.

Untuk makan siang, kami mengirimnya ke Museum Dirgantara, lokasi yang tak jauh dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta  dan untuk makan sorenya,  di sebuah Hotel di kawasan Malioboro.

Ini adalah amanah yang besar untuk Kami. Beliau mempercayakan itu, meski kami belum saling mengenal. Hanya Google dan website sebagai perantara informasi sebelumnya.

Bagaimana bisa, Beliau mempercayakan itu pada kami:

  1. Alamat kami jelas, bisa dilihat di contact us,  peta dibagian bawah artikel ini atau klik disini.
  2. Kami memiliki ijin usaha atau IUMK, sebagai legalitas usaha. Hal tersebut membuktikan bahwa Asri Wiji Katering benar-benar ada dan nyata.
  3. Kami mempermudah dan menyesuaikan keinginan dari pembeli atau customer

Ida, Surabaya

nasi box jogja nasi kotak jogja

“Karena kita disana tiga hari dan budgetnya gak banyak, makanya pakai nasi kotak.” Begitu alasan salah saeorang customer dari Surabaya.  Ketika itu, dia akan membawa rombongan untuk wisata ke Jogja.

Kebetulan mereka datang ke Jogja dengan menggunakan kereta api. Sehingga tempat pengirimanpun di dekat stasiun Tugu Jogja. Bagi mimin yang membantu pengiriman, tidaklah masalah dimanapun akan bertemu, yang penting nyaman dan dapat nyata bertemu.

Sama saat janjian sama gebetan, waktu mimin muda dulu. Ya elah  mimin jadi nostalgia.  Eh, tapi bener lho, waktu mimin masih di bangku SMA, mimin pernah punya teman. Teman apa teman ya…  hihi… Dia berasal dari Cilacap, paling suka naik kereta api, kita suka janjian di Stasiun Tugu Jogja, terus jalan-jalan ke Malioboro. Puncaknya makan soto di Pasar Beringharjo. Sorenya  balik lagi ke Cilacap. Kayaknya kok jadi gak penting banget ya, cerita mimin ini. Oke deh kembali ke nasi box Jogja aja deh…

Pak Raki

nasi box jogja

Pengalaman lain, adalah dari seorang pembeli asal Cirebon.  Dia  bersama rombongan berwisata ke Prambanan, Malioboro, dan Pantai Parang Tritis. Jam 13.30 WIB adalah waktu yang telah kami sepakati, untuk pengiriman nasi box.

Sebenarnya agak terlambat sih, untuk waktu makan siang. Tetapi sudah menjadi permintaannya, karena tengah siang, mereka sedang berada di Candi Prambanan, sedangkan tempat pertemuan atau COD kami sepakati di  Malioboro. Satu jam sebelum waktu yang telah ditentukan, nasi box sudah siap, sehingga diharapkan dapat mengirim tepat waktu.

Mendekati waktu yang telah ditetapkan, mimin menelpon Bapak pemesan, “Jadi, nanti bertemu di tempat parkir bus wisata sebelah mana, Pak? Yang utara Malioboro atau Selatan Taman Pintar? Itu adalah tempat parkir bus wisata terdekat dengan  Malioboro.

“Maaf Bu, ternyata jam 13.30, kami masih di Candi Prambanan, dan mungkin nanti baru sampai di Malioboro jam sekitar jam tiga.” “Waduh, gimana pak, makanan sudah ready?” “Dingin gak apa-apa Buk, yang penting tidak basi.” “Baiklah, untuk jam tiga atau jam empat, makanan memang masih layak dan tidak basi.”

Akhirnya bahkan jam tiga lebih, kami baru bertemu. Perjalanan dari Prambanan ke Jogja, waktu itu sangat padat dan macet. Begitu katanya. Saya sih maklum saja , musim liburan atau weekend, lalulintas Jogja memang padat.  Semoga pertemuan menjadi berkah, dan ketika berkunjung ke Jogja lagi, bisa pesan nasi box lewat kami.

Kesimpulan

Bahwa nasi box sangat di perlukan untuk para wisatawan di Jogja. Keuntungan  menggunakan layanan jasa katering nasi box untuk wisata adalah:

  1. Hemat biaya

Dari segi biaya, dengan nasi kotak, pasti harga lebih rendah dibanding harga di resto atau di hotel. Karena harga nasi kotak, bisa disesuaikan dengan anggaran. Untuk daftar harga nasi box Jogja yang terbaru, bisa dicek disini. 

  1. Hemat waktu

Ini jelas banget, ketika sedang makan kita memerlukan waktu, setidaknya 15 menit, itu sudah teramat cepat, jika makanan sudah siap santap. Bayangkan jika Anda berwisata membawa rombongan yang banyak. Untuk mengantri saat pengambilan makanan saja, sudah menghabiskan waktu. Sedangkan dalam agenda mestinya waktu bisa dimanfaatkan untuk perjalanan menempuh tempat wisata lainnya.

  1. Praktis

Ketika menggunakan jasa katering  nasi kotak, maka makanan sudah siap, sesuai waktu yang disepakati, tidak harus mengantri, bisa makan di bis, atau di lokasi sesuai yang diinginkan panitia. Lebih praktis, kan?

Jadi, jika membawa rombongan untuk wisata Jogja, memenuhi kebutuhan makan dengan nasi box Jogja, tentu akan menjadi pilihan yang tepat.

Lalu, kapan kamu datang ke Jogja?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Resep Pecel Mudah dan Enak

nasi box jogja | pecel UGM

Resep pecel. Ada yang suka makan pecel? Ntar mimin  berbagi resepnya. Sebelumnya ada sedikit cerita nih.  Beberapa waktu yang lalu, mimin jalan-jalan ke Sunmor UGM. Sunmor atau Sunday Morning adalah pasar kaget yang hanya ada di hari Minggu pagi. Pasar itu berada di trotoar jalan Agro Karang Gayam depok Sleman, area kampus UGM Jogja.

Bukan sekedar jalan-jalan, tetapi  kedatangan saya ke sini,  bertujuan pula untuk mencari sarapan pagi.  Dari sekian banyak penjual makanan disana, pandangan saya tertuju pada pecel. Perut saya merintih  meminta diisi dengan pecel itu. Akhirnya, saya putuskan untuk makan nasi pecel, bakmi, dan mendoan.  Dari segi harga, menurut saya masih wajar dan tidak mahal. Yah, memang seharusnya gitu sih, karena kan berada di kawasan perbatasan kampus UGM dan UNY Jogja, sehingga pengunjung dari kalangan mahasiswa tentunya juga banyak.

Meskipun Asri Wiji catering, juga terkadang membuat untuk pelengkap nasi box Jogja dengan menu pecel. Namun ada kalanya,mimin juga mau menikmati makanan di luar. Bolehlah, untuk ganti suasana.

Berbicara tentang pecel, mimin jadi ingin membagi resep pecel bumbu kacang ala Asri Wiji catering Jogja yang melayani nasi box Jogja ini. Contoh resepnya gak usah banyak-banyak ya.. tinggal menakar kelipatannya jika ingin porsi lebih.

Resep Pecel

Bahan:

Aneka sayuran bisa sesuai selera ( bayam, sawi, kacang panjng, wortel, tauge, dan bisa sayuran kesukaan lainnya)

Bumbu:

100 gram Kacang tanah goreng

50 gram Gulajawa

1 siung bawang putih

Sedikit garam

Air asam secukupnya hanya untuk mencairkan bumbu. (cair kentalnya sesuai selera)

2 cm Kencur

1 lembar Daun jeruk

Cabe sesuai selera jika ingin pedas

Cara membuatnya adalah:

Sayuran yang sudah dipotong dan dicuci bersih, kemudian direbus. Setelah matang, tiriskan.

Haluskan dan campur semua bahan bumbu.

Guyurkan bumbu pada sayuran yang telah direbus tadi. Pecel siap dinikmati.

Begitulah, sekedar untuk pengetahuan resep pecel. Jika malas, membuat bumbu sendiri, sekarang sudah banyak dijual bumbu pecel yang sudah kemasan. Jadi kita tinggal memasak atau merebus sayurnya. Jika masih malas membuat sendiri, solusinya ya beli nasi pecel yang udah jadi, di warung atau pasar banyak yang jual.

Bagi pelaku vegetarian, memang variasi menu untuk sayuran ini sangat penting, tentunya untuk mengurangi kebosanan. Karena menjadi vegetarian amat sangat tidak mudah. Itu sih mimin yang selalu tak tahan melihat olahan ayam, daging sapi, dan ikan-ikanan. haha… Walau bukan full menjadi vegetarian, tetapi mimin suka banget pecel dan juga gudangan.

Bagi mimin, nasi pecel ini sangat cocok dipadukan dengan telur ceplok dan peyek rebon, kayak pecel Madiun. Tetapi karena mimin penggemar gorengan, maka menu tambahannya adalah mendoan. Ah mimin jadi laper nih.

 

 

 

Gudangan Untuk Nasi Box Jogja Syukuran

nasi box jogja syukuran gudangan
Foto: dok.pri

Gudangan Untuk Nasi Box Jogja

Halo sahabat kuliner…

Masih berkaitan dengan isian nasi box Jogja yang berupa gudangan.  Apa sih gudangan itu? Sebagai orang Jawa khususnya Jogja, sudah tidak asing lagi dengan gudangan. Ya, gudangan terdiri dari bermacam-macam sayuran yang direbus. Pada dasarnya, sayurannya adalah tawar atau tidak berasa, karena tehnik memasaknya ya memang cuma direbus. Emang enak? Kan, mimin belum selesai ceritanya. Jadi, sayuran rebus itu belum sah dinamakan gudangan kalau belum dipadukan dengan bumbu gudangan.  Nanti mimin kasih resep bumbu gudangannya.

Gudangan Menjadi Isian Wajib Untuk Nasi Box Jogja Syukuran

Dalam hal ini, “wajib” dalam tanda petik ya… Jadi, di Jogja, sejak jaman dahulu, ketika syukuran atau kenduri,  selalu menyertakan gudangan. Maksudnya apa ya? Itulah mimin juga lupa menanyakan kepada nenek  ketika beliau masih hidup.. hehe.. Tetapi ada juga sih, yang syukuran dengan nasi kuning. Tetapi yang akan kita bahas sekarang yang nasi gudangan. Itu tradisi ya. Yang pasti dalam tradisi kenduri, makna yang tidak bisa lepas, adalah sedekah.  Kita sebagian yang muda, tinggal mau melanjutkan atau tidak, gitu aja..   Jika kita membuat kenduri akan  tetap memakai gudangan atau tidak. Itu adalah pilihan. Apapun bentuk sedekah, itu adalah baik.

Bumbu Kelapa Parut

Seperti mimin katakan diawal, bahwa sayuran rebus belum bisa dikatakan sebagai gudangan sebelum dicampur dengan bumbu. Nah, apa dan bagaimana bumbu gudangan itu? Jadi, bumbu yang dipadukan dengan sayuran adalah bumbu kelapa parut. Kelapa yang digunakan adalah kelapa yang masih muda. Jika kelapanya tua, teksturnya akan keras dan rasanya tidak akan gurih.  Bumbu gudangan ini, rasanya dominan manis. Agar lebih paham dengan gudangan, simak resep gudangan di bawah ini ya…

Nasi Box Jogja Syukuran
Contoh Nasi Gudangan dengan pendamping lauk lainnya.

Resep Gudangan Bumbu Kelapa Parut

Bahan:

1 ikat bayam (dipotong-potong)

1 ikat kangkung (dipotong-potong)

5 lembar sawi putih (dipotong-potong)

Kacang panjang (dipotong-potong)

kobis (dipotong-potong)

Wortel (dipotong)

tauge

Untuk ukuran sayurnya adalah sesuai selera ya.. karena sebelumnya bumbu terpisah, maka bisa dikira-kira sendiri untuk perpaduan sayur dan bumbu yang seimbang. Semua bahan sayur di rebus. Meskipun pada penyajiannya semua sayur dicampur, namun cara merebus sayur lebih baik tidak langsung dicampur menjadi satu. Merebusnya, satu per satu jenis sayur. Itu dilakukan karena setiap sayur perlakuannya berbeda, maksudnya misalnya kangkung yang hanya membutuhkan waktu sebentar dalam perebusan dibanding dengan kacang panjang.

Bumbu Kelapa Parut

Bahan:

1 butir kelapa muda parut

¼ kg gula jawa (disisir atau dihaluskan)

2 sdm gula pasir

Garam secukupnya (untuk pengimbang rasa)

Bumbu:

2 butir Bawang putih

5 cm kencur (secukupnya)

½ sdt Ketumbar

3 lbr Daun jeruk

Cara membuat bumbu gudangan

Semua bumbu dihaluskan. Tambahkan gula jawa, gula pasir, dan garam secukupnya.

Kemudian masukkan kelapa parut.

Campur  bumbu dan kelapa hingga rata.

Masukkan kedalam plastic atau bungkus dengan daun pisang.

Baru kemudian dikukus kurang lebih 15 menit.

Setelah bumbu matang, baru campur dengan sayuran rebus tadi. Jadi deh gudangan bumbu kelapa parut.

Pada sedekah among-among atau kenduri kecil untuk syukuran, biasanya nasi gudangan diberikan telur rebus .

Selain untuk isian nasi box Jogja, gudangan juga cocok dikonsumsi untuk menu harian. Sayuran yang kaya serat dan vitamin juga mineral ini, sangat baik untuk pencernaan. Apalagi, bagi yang vegetarian atau  melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Ayo, cintai makanan tradisional…

Salam Kuliner

 

 

 

 

 

 

 

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Follow Us

Open chat
Info Lengkap Klik Disini
Halo, ada yang bisa Kami bantu?
Powered by